Apa Itu Corporate Gifting dan Mengapa Itu Penting?

Apa Itu Corporate Gifting dan Mengapa Itu Penting?

Corporate gifting adalah sebuah cara untuk mempererat hubungan perusahaan dengan karyawan atau pelanggan dengan memberikan kado atau hadiah. Kado yang diberikan dapat dalam bentuk apapun seperti:

  • Barang Fisik, contohnya merchandise, makanan, elektronik dan sebagainya.
  • Barang non-fisik seperti voucher belanja atau gift card.
  • Experience seperti tiket konser, hotel dan sebagainya.

Kado-kado tersebut dapat diberikan untuk memperingati ulang tahun, anniversary pekerjaan, onboarding, offboarding, customer loyalty, kenaikan jabatan, karyawan terbaik, kehadiran pada suatu event atau occasion apapun. Corporate gift tidak harus besar ataupun mahal, kado sederhana pun dapat membuat penerima merasa bahagia!

Berdasarkan survei, beberapa statistik terkait dengan strategi corporate gifting sebagai berikut:

  • 64% karyawan merasa apresiasi menjadi lebih penting ketika bekerja dari rumah (WFH).
  • 77% penerima corporate gift mengatakan bahwa kado membuat mereka merasa dihargai.
  • 70% calon customer percaya bahwa kado yang dipilih secara personal mendorong mereka untuk bekerja-sama dengan perusahaan.

Apa yang Perlu Anda Ketahui untuk Memulai Program Corporate Gift?

Untuk memulai program corporate gifting, Anda perlu melakukan hal berikut:

1. Tentukan Tujuan

Pertama-tama, Anda perlu mententukan tujuan gifting perusahaan Anda apakah untuk corporate branding, apresiasi kepada karyawan lama, mempererat hubungan dengan customer atau tujuan lainnya.

2. Tentukan budget

Setelah mengetahui tujuan Anda, kemudian Anda perlu menentukan budget per penerima. Budget dapat sangat beragam mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 5 juta, tergantung kepada tujuan dari gifting perusahaan. Penerima akan merasa senang dengan kado yang dipilih secara personal untuk mereka.

3. Brainstorm Ide Kado

Berdasarkan budget yang telah ditentukan, Anda akan memilih kado apa yang akan diberikan. Tujuan gifting juga mempengaruhi pilihan kado yang diberikan. Contohnya untuk onboarding karyawan biasanya kado yang diberikan berupa merchandise seperti t-shirt, tumbler atau stationary custom dengan logo perusahaan. Sedangkan untuk ulang tahun customer, lebih baik kado yang lebih personal seperti mainan anak untuk customer yang telah berkeluarga, atau cookies untuk customer yang hobi kuliner.

4. Mencari Vendor

Setelah memilih kado yang akan diberikan, kemudian Anda perlu mencari vendor yang menjualnya. Tipe vendor juga sangat beragam, ada vendor yang dapat melakukan custom sesuai keinginan, ada juga vendor yang hanya menjual barang tertentu sehingga Anda harus membeli dari vendor-vendor berbeda dan melakukan packing sendiri.

5. Mengumpulkan Alamat Penerima

Anda perlu menghubungi masing-masing penerima untuk meminta alamat yang update. Dengan adanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH), perpindahan domisili semakin cepat sehingga untuk menghindari kesalahan pengiriman, sebaiknya alamat penerima diminta kembali meskipun telah memiliki alamat sebelumnya.

6. Mengirimkan kado

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengirim kado kepada masing-masing penerima, biasanya dengan bantuan perusahaan logistik. Kemudian, untuk memastikan setiap kado diterima dengan baik, Anda perlu mencatat nomor resi dan melakukan pengecekan secara periodik.

Yippy: Platform Corporate Gifting #1 di Indonesia

Untuk membantu Anda secara lebih efisien dalam program corporate gifting perusahaan Anda dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penerima, Yippy hadir sebagai partner Anda sebagai platform Corporate Gifting #1 di Indonesia.

Dengan berbagai macam fitur unggulan dan integrasi dengan tool yang ada di perusahaan Anda, Yippy akan membantu Anda mulai dari proses ideation, pencarian vendor, packaging, pengumpulan alamat, pengiriman kado hingga pengumpulan feedback, semua secara terotomasi. Fitur-fitur tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis sehingga Anda dapat fokus hanya pada memberikan senyuman kepada karyawan ataupun customer Anda.

Jika Anda tertarik untuk memulai program corporate gifting pada perusahaan Anda, silahkan gunakan tautan dibawah untuk mengunjungi website Yippy dan mencoba demo produk.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us