Employee Engagement

5 Cara Meningkatkan Employee Engagement

Employee Engagement adalah suatu tolak ukur yang menunjukkan entusiasme dan dedikasi karyawan terhadap pekerjaan dan perusahaan. Karyawan yang engaged merasa pekerjaannya memberikan dampak terhadap visi dan misi perusahaan. Mereka biasanya mencari lebih dari sekedar penghasilan didalam pekerjaan.

Berdasarkan laporan dari Gallup, perusahaan dengan karyawan yang engaged memiliki tingkat profitabilitas 21% lebih tinggi. Hal ini dikarenakan mereka lebih produktif dan memperhatikan keinginan dari customer. Mereka juga lebih memperhatikan proses, standar dan sistem sehingga dapat dengan aktif memberikan feedback untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Karyawan yang berada di top 20% paling engaged 41% lebih jarang absen dan memiliki turnover 59% lebih kecil.

Berikut adalah 5 cara untuk meningkatkan employee engagement:

1. Tempatkan Pada Posisi yang Tepat

Semua orang memiliki kelebihan, kekurangan dan talenta yang berbeda-beda. Penempatan pada posisi yang tepat akan membuat karyawan merasa lebih nyaman mengerjakan pekerjaan tersebut. Contohnya jika seorang karyawan yang senang bertemu orang dan menjual sesuatu ditempatkan pada posisi dibelakang meja, maka karyawan tersebut akan lebih susah termotivasi untuk bekerja maksimal.

2. Dengarkan dan Berikan Feedback Secara Berkala

Karyawan yang engaged biasanya senang memberikan masukan untuk kemajuan perusahaan. Dengan mendengarkan dan memberikan feedback atas masukan-masukan tersebut, mereka akan merasa berkontribusi terhadap perusahaan.

3. Berikan Apresiasi untuk Hal-hal Kecil

Apresiasi kepada karyawan bahkan untuk hal-hal kecil sangat mempengaruhi engagement. Beberapa contoh apresiasi yaitu:

  • Berikan pujian jika mereka melakukan pekerjaan yang bagus.
  • Berikan kado pada ulang tahun, work anniversary atau event pribadi lainnya. Corporate Gifting dapat membuat mereka merasa dihargai.

Meskipun kecil, namun beberapa hal tersebut akan meningkatkan engagement.

4. Berikan Training dan Coaching

Dengan memberikan training dan coaching, karyawan dapat meningkatkan kemampuannya dalam bekerja. Mereka juga akan merasakan bahwa perusahaan memperdulikan perkembangan karir mereka. Hal ini akan membuat karyawan memiliki attachment dan rasa berterima kasih kepada perusahaan.

5. Tingkatkan Hubungan Sosial Antar Karyawan

Pada dasarnya, setiap karyawan senang bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya. Hubungan kekeluargaan antar karyawan dapat meningkatkan motivasi dalam bekerja. Perusahaan dapat menyelenggarakan event-event social yang dapat mempererat hubungan mereka.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us