Menghindari Kesalahan Umum dalam Corporate Gifting

Corporate gifting atau pemberian hadiah perusahaan adalah salah satu kegiatan yang memperkuat relasi antara perusahaan dan karyawan, pelanggan, atau mitra bisnis. Tapi, sayangnya masih sering terjadi kesalahan umum dalam corporate gifting dan kesalahan tersebut dianggap hal biasa. Padahal perusahaan juga sudah mengalokasikan budget yang tidak sedikit untuk keperluan ini. Akan lebih efektif dan efisien jika corporate gifting dilakukan dengan strategi yang tepat dengan menghindari kesalahan.

Berikut akan kita bahas tentang beberapa kesalahan umum yang mungkin terjadi saat memberikan hadiah perusahaan dan bagaimana cara menghindari kesalahan tersebut.

Kesalahan Umum dalam Corporate Gifting

Berikut adalah beberapa jenis kesalahan saat melakukan kegiatan corporate gifting. Adakah yang pernah kamu temui?

Hadiah Tidak Sesuai Kebutuhan Penerima

Seperti apa rasanya menerima sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan? Hadiah yang tidak sesuai dengan kebutuhan penerima tentunya akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pertimbangan atau persiapan dari perusahaan.

Hadiah yang Tidak Eksklusif

Hadiah yang terlalu umum dan tanpa sentuhan personal tentunya akan membuat nilainya kurang spesial atau eksklusif. Sebaliknya, dengan menambahkan personalisasi melalui nama dan pesan pribadi akan menjadikannya lebih istimewa.

Tidak Sesuai dengan Nilai dan Budaya Perusahaan

Corporate gifting pastinya harus memperhatikan nilai-nilai dan budaya perusahaan, begitu juga dengan nilai-nilai dari penerima. Ketika hadiahnya tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dianut, maka hal itu justru akan merusak citra perusahaan.

Pemberian Hadiah yang Terlambat

Hadiah yang diberikan tidak tepat momennya akan mengurangi manfaat dari pemberian hadiah, khususnya corporate gifting. Sebisa mungkin untuk memberikan hadiah di hari yang sama dengan momen spesial atau perayaan yang masih berlangsung.

Jadi, Bagaimana Cara Menghindari Kesalahan dalam Corporate Gifting?

Saat kamu sudah mengetahui kesalahan umum dalam corporate gifting, maka sekarang tinggal bagaimana cara menghindarinya.

Kenali Karakter Penerima Hadiah

Sebelum menentukan hadiah, cari tahu dulu tentang preferensi penerima, khususnya kebutuhan, selera, hobi, dan gaya hidup. Hal itu akan memudahkan pemilihan hadiah yang cocok dan juga disukai penerima. Hal ini tidak jauh berbeda dengan ketika melakukan riset untuk strategi marketing agar produk diterima oleh target audiens yang tepat.

Fokus pada Personalisasi Hadiah

Tambahan sentuhan personal akan menjadikan hadiah tersebut lebih spesial. Cara bisa dengan menambah pesan pribadi atau tanda yang berkaitan dengan hubungan pemberi dan penerima. Contohnya adalah memberikan personal note dengan menyebutkan nama dan pekerjaan penerima dengan isi pesan yang mengapresiasi dan juga membangun kedekatan.

Menyesuaikan dengan Budaya Perusahaan

Pastikan bahwa hadiah yang diberikan tidak melanggar kebijakan, nilai, atau budaya perusahaan. Misalnya untuk hadiah diberikan karena kepentingan bisnis, pastikan dalam prosesnya ada transparansi. Akan lebih disarankan kalau corporate gifting bisa terintegrasi dengan tools yang sudah diterapkan, misalnya aplikasi HRIS (Human Resource Information System) di perusahaan.

Pemberian Hadiah Tepat Waktu

Selain harus sesuai dengan preferensi penerima, hadiah juga harus diberikan tepat waktu. Apalagi kalau hal itu berkaitan dengan momen spesial seseorang seperti ulang tahun ataupun perayaan hari penting lainnya. Itulah mengapa platform corporate gifting Yippy memberikan solusi untuk hal ini. Dengan kemudahan sistem tracking dashboard yang diberikan, pemberi hadiah dapat memastikan hadiahnya diterima pada waktu yang tepat.

Penerima hadiah dapat melacak pengiriman hadiah yang akan dikirim untuknya. Pengirim juga bisa mengetahui setiap proses yang berjalan, mulai dari pengumpulan alamat hingga pemberian hadiah kepada masing-masing penerima. Yippy menyediakan dasbor yang dapat digunakan untuk melacak pengumpulan alamat, produksi hadiah, dan pengiriman.

Saat pengiriman dimulai, penerima akan mendapatkan notifikasi via email/whatsapp untuk dapat melacak pengiriman. Yippy memberikan layanan end-to-end untuk membantu mengirimkan hadiah yang tepat kepada karyawan, pelanggan, atau mitra. Kami percaya bahwa relasi adalah bagian penting dari setiap bisnis dan kami ingin membantu bisnismu untuk mewujudkannya.

Demikian ulasan tentang kesalahan umum dalam corporate gifting. Hubungi Yippy sekarang untuk mengetahui cara selengkapnya agar corporate gifting di kantormu berjalan lancar.

Posts created 70

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us