Tips Memilih Merchandise yang Tepat untuk Acara Perusahaan

Di berbagai acara perusahaan, salah satu hal yang perlu disiapkan adalah merchandise. Memilih merchandise yang tepat untuk acara perusahaan memang tak semudah kelihatannya. Sebab, acara yang diselenggarakan pasti membawa maksud tertentu sehingga hadiah yang diberikan haruslah meninggalkan kesan yang mendalam di hati para tamu undangan.

Upaya tersebut perlu dilakukan agar informasi yang ingin perusahaanmu sampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Untuk itu, kamu perlu memilih merchandise yang dapat memenuhi kebutuhan keduanya, baik perusahaan maupun audiens.

Bagaimana Cara Memilih Merchandise yang Tepat untuk Acara Perusahaan?

Merchandise sebaiknya bukan hanya untuk menyenangkan audiens saja, melainkan sebagai brand awareness perusahaan juga. Maka dari itu, simak beberapa tips memilih merchandise yang tepat untuk acara perusahaan berikut ini!

1. Sesuaikan dengan Konsep Acara

Tips yang pertama, pilihlah merchandise yang sesuai dengan konsep acaranya. Jangan sampai kesalahan di bagian ini menimbulkan ketidakefektifan pada promosi perusahaanmu.

Misalnya, acara perusahaan musik akan menyediakan merchandise berupa kaos atau freebies dari sang musisi. Sedangkan, acara perusahaan kosmetik akan memberikan pouch, totebag, rak kosmetik, brush, dan beberapa produk sampel.

2. Perhatikan Siapa Audiensnya

Luangkan waktumu untuk memikirkan siapa yang menjadi target audiens, apa preferensi mereka, dan mengapa mereka harus datang ke acara perusahaanmu. Gunakan pertanyaan tersebut untuk membuat strategi merchandising yang tepat sasaran.

Pemilihan merchandise yang tepat akan memberikan kesan yang baik pada acara perusahaan kamu. Tidak ada salahnya jika kamu ingin melakukan beberapa survei kecil untuk menggali informasi secara langsung.

Misalnya, perusahaanmu menyelenggarakan acara yang menargetkan pelanggan usia muda, maka berikan kaos dengan desain yang cocok untuk jiwa muda dan sediakan dalam berbagai ukuran. Merch berdesain tunggal, relatif polos, dan satu ukuran saja akan sulit menarik perhatian mereka.

3. Seimbangkan Antara Branding dan Desain

Meskipun pemberian merchandise dalam rangka strategi brand awareness, sebaiknya kamu tidak over-brand atau under-brand. Audiens cenderung menyukai barang custom, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Sematkan elemen perusahaanmu ke dalam merchandise, tapi buatlah desain seminimalis mungkin. Di satu sisi perusahaanmu memang membutuhkan media promosi jangka panjang, tapi di sisi lain audiens juga harus memperoleh kebermanfaatan merchandise tanpa merasa malu dengan desain yang outdated.

4. Pilih Opsi yang Mudah

Setiap produk yang diberikan di acara perusahaan, sebelumnya harus dipesan atau dibeli ke pihak lain yang umumnya mereka adalah vendor. Seringkali harga yang tinggi, pilihan yang terbatas, dan desain yang tidak sesuai akan menghambat proses pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, pilih opsi yang paling mudah, misalnya dengan bekerjasama dengan platform corporate gifting yang bisa mendukung otomatisasi dan personalisasi hadiah dari perusahaan.

5. Sesuaikan dengan Budget Perusahaan

Memilih merchandise yang tepat untuk acara perusahaan membutuhkan budget yang besar. Oleh karena itu, kamu harus menentukan dan memilih merchandise yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Meskipun seandainya budgetmu terbatas, kamu tetap tidak boleh melakukan promosi setengah-setengah. Misalnya, memilih merchandise kualitas rendah atau tidak relevan hanya karena ingin menekan pengeluaran anggaran promosi.

Kamu juga bisa sesuaikan dengan keperluan. Saat membutuhkan merchandise dalam jumlah sedikit, kamu bisa menaikkan kualitasnya. Namun, jika membutuhkan merchandise dalam jumlah banyak untuk acara promosi besar-besaran, maka kamu bisa memaksimalkan kualitasnya sesuai budget yang dimiliki.

Setelah mengetahui beberapa tips memilih merchandise yang tepat untuk acara perusahaan di atas, kamu sudah paham kemampuan yang harus kamu miliki bukan? Namun, kalau kamu masih merasa kesulitan, percayakan saja pada Yippy.

Sebagai platform corporate gifting terpercaya di Indonesia, kami menyediakan rekomendasi merchandise yang sangat beragam untuk melengkapi kemeriahan acara perusahaanmu. Cek katalog Yippy sekarang!

Posts created 70

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us