karyawan burnout

Karyawan Burnout? Intip Tips Cara Menghadapinya

Kondisi ketika karyawan burnout memang sangat mengganggu banyak aspek, entah itu untuk individu maupun perusahaan tempatnya bekerja. Kenyataannya, karyawan yang bekerja di kantor atau bekerja dari rumah, tidak ada yang benar-benar bebas dari burnout. Menurut Harvard Business Review, lebih dari 60% karyawan rentan mengalami burnout sejak masa pandemi. Burnout bukan hanya kondisi lelah bekerja yang bisa diatasi dengan istirahat sebentar.

Saat Karyawan Burnout, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut ini adalah beberapa solusi praktis untuk karyawan burnout. Simak tipsnya satu per satu!

1. Temukan Penyebab Karyawan Burnout

Kondisi burnout ada sebabnya dan harus disadari gejalanya, baru kemudian dicari solusinya. Apakah Anda merasa kelelahan emosional atau fisik? Apakah banyak kecenderungan emosi negatif tentang peran Anda saat ini sehingga kurang produktif di tempat kerja? Gejala lain yang mungkin muncul adalah ketidakmampuan untuk tidur nyenyak di malam hari.

Complain dari customer
Complain dari customer

2. Penuhi Waktu Istirahat

Pastikan karyawan istirahat yang cukup dan menenangkan otak, karena otak manusia tidak dirancang untuk bekerja terlalu keras dan terus menerus. Dalam jangka pendek, ambil lima menit dalam satu jam untuk istirahat. Atau satu hari dalam seminggu untuk memulihkan energi dan mengatasi kelelahan.

3. Mengenali Kepribadian Setiap Karyawan

Atasan juga dapat membantu karyawannya agar terhindar dari burn out. Misalnya saja mengenali kepribadian masing-masing karyawannya seperti karyawan yang perfeksionis, kritis, dan skeptis ketika menjalankan setiap tugas kerja yang dibebankan kepadanya. Dengan cara tersebut, atasan dapat mengendalikan emosi setiap karyawan ketika bekerja.

4. Miliki Hobi yang Menyenangkan

Mengalami kelelahan yang parah terkadang bukan hanya karena kelebihan pekerjaan. Penyebab karyawan burnout juga bisa terjadi karena mengabaikan hak diri sendiri untuk bersenang-senang dengan hobi pribadi. Dengan keseimbangan bekerja dan menjalani hobi, maka suasana hati lebih bahagia. Kesehatan mental dalam bekerja pun lebih terjamin.

Selanjutnya, luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali prioritas Anda jika Anda mengalami kelelahan sewaktu-waktu. Untuk mengatasi kejenuhan memang membutuhkan waktu dan biasanya juga membutuhkan support system yang baik di tempat kerja dan di rumah.

Optimalkan kepuasan kerja karyawan Anda dengan memberikan gift spesial yang sesuai momen. Yippy siap merekomendasikan produk yang tepat sesuai tujuan Anda.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us