Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penerapan WFA

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perusahaan perlu melakukan berbagai penyesuaian dan adaptasi untuk menunjang sistem kerja yang tetap optimal. Salah satu adaptasi yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan sistem kerja dari manapun atau work from anywhere (WFA). Adanya penerapan sistem kerja WFA ini menyebabkan karyawan menjadi lebih fleksibel dalam melakukan pekerjaan, serta tetap dapat melakukan social distancing. Namun tentunya mengelola pekerja jarak jauh dan sistem WFA selamanya perlu segenap rencana strategis. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan work from anywhere.

Ketahui Alur Komunikasi dan Koordinasi

Komunikasi merupakan salah satu tantangan terbesar dengan adanya sistem kerja WFA ini. Tidak adanya kontak langsung antar karyawan menyebabkan rentannya terjadi miskomunikasi. Karena itu, sebelum menerapkan WFA perlu diperhatikan alur komunikasi dan koordinasi yang jelas untuk menghindari adanya kesalahpahaman antar karyawan. Adanya alur yang jelas juga akan memudahkan pekerjaan sehingga produktivitas tetap terjaga.

Lakukan Bonding Karyawan

Tidak adanya karyawan di lokasi yang sama dapat menyebabkan sulitnya untuk membangun rasa kebersamaan dan rasa memiliki. Untuk itu, sangat penting untuk mengatur pertemuan rutin dan check-in untuk mempererat rasa keterikatan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengengage karyawan di saat WFA. Sesi bonding dapat diikuti juga dengan program employee of the month serta pemberian gifts untuk karyawan terpilih untuk memicu produktivitas mereka. Yippy dapat membantu perusahaan dalam mempersiapkan gifts menarik bagi karyawan, yang disesuaikan dengan budget serta kebutuhan karyawan.

Integrasikan dengan Tools Penunjang

Adanya penerapan kebijakan WFA menyebabkan perusahaan perlu menyediakan alat kerja apa saja yang dibutuhkan karyawan, seperti laptop, ponsel, dan akses internet stabil. Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan tools penunjang berupa aplikasi kolaborasi atau aplikasi manajemen proyek yang dapat membantu karyawan berkomunikasi satu sama lain dalam menyelesaikan pekerjaan. Terdapat banyak opsi yang dapat dijadikan pertimbangan oleh perusahaan, seperti Slack dan Trello.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan WFA. Adanya sistem kerja yang baru tentunya dapat membawa dampak yang positif apabila direncanakan dengan baik dan maksimal.

Posts created 8

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us