Remote Team

Cara Jitu Tingkatkan Engagement Remote Team

Pernahkah Anda bekerja jarak jauh dengan tim Anda? Pola kerja remote memang menjadi budaya yang semakin populer setelah pandemi. Memang dari banyak sisi, sistem ini terasa efisien karena karyawan tidak perlu pergi ke kantor dan perusahaan bisa mengurangi fasilitas untuk karyawan. Tapi, keterlibatan atau engagement karyawan remote dan karyawan di kantor jelas terasa berbeda. Kali ini kita akan bahas cara terbaik untuk meningkatkan engagement karyawan remote di kantor Anda.

meningkatkan engagement karyawan

Menggali Arti Penting Team Engagement

Team engagement adalah kondisi di mana anggota tim merasa terlibat, termotivasi, dan berkomitmen terhadap pekerjaan serta tujuan bersama yang ingin dicapai oleh tim. Ini merupakan elemen kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan harmonis. Ketika anggota tim memiliki tingkat engagement yang tinggi, mereka lebih cenderung untuk berkolaborasi dengan efektif, memberikan kontribusi yang optimal, dan berinovasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dihadapi.

Pentingnya team engagement terletak pada kemampuan untuk mendorong kinerja tinggi dan loyalitas jangka panjang. Anggota tim yang engaged cenderung memiliki motivasi intrinsik yang kuat, yang membuat mereka lebih tahan terhadap tantangan dan tekanan kerja. Mereka juga lebih proaktif dalam mencari solusi dan beradaptasi dengan perubahan. Dalam jangka panjang, engagement ini membantu membangun budaya kerja yang positif, meningkatkan kepuasan karyawan, dan mengurangi turnover. Singkatnya, team engagement adalah fondasi yang kokoh untuk kesuksesan tim dan organisasi secara keseluruhan.

Terapkan Cara Ini Agar Lebih Engage dengan Remote Team

Berbeda jenis perusahaan mungkin saja berbeda cara meningkatkan employee engagement. Jadi, apa saja yang sebaiknya dilakukan?

1. Adakan Rapat Virtual

Meskipun kegiatan rapat identik dengan hal-hal formal dan serius, tapi tidak apa-apa jika sesekali mengkonsepnya seperti hangout santai. Banyak tim jarak jauh menjaga komunikasi reguler melalui video call, pesan instan, email, atau platform konferensi web. Saat seluruh tim sedang bekerja, group chat bisa sangat membantu mendorong kolaborasi grup.

2. Memberikan Feedback secara Rutin

Feedback atau masukan untuk meningkatkan performa pekerjaan adalah sesuatu yang dibutuhkan karyawan. Khususnya yang bekerja secara remote, feedback pekerjaan akan membuat mereka merasa lebih dihargai. Karyawan pun lebih bersemangat, karena sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kompetensinya secara mandiri.

3. Melibatkan Mereka untuk Mengembangkan Program Kerja

Ada banyak cara melibatkan karyawan remote team agar kinerja meningkat. Contohnya untuk karyawan yang bekerja di bidang konten dan digital marketing. Atasan bisa meminta pertimbangan mereka untuk merekrut tim freelance yang baru, khususnya tentang kriteria yang dibutuhkan di bidang tersebut.

4. Memperhatikan Kesehatan Mental Karyawan

Berikutnya, cara untuk membuat karyawan remote team tetap terlibat (engaged) adalah dengan mendukung gaya hidup sehat. Khususnya kesehatan mental karyawan yang mungkin tidak banyak bertemu orang. Perusahaan bisa mengizinkan mereka tetap melakukan healing dan bersosialisasi sesuai kebutuhan. Dengan demikian, kepuasan kerja meningkat. Begitu juga dengan kontribusinya ke perusahaan.

Ada baiknya perusahaan juga memberi apresiasi dalam bentuk yang lebih konkret dan memberi kesan tersendiri. Yippy hadir untuk membantu perusahaan yang akan memberi hadiah untuk karyawan, agar mereka lebih loyal sebagai bagian dari perusahaan.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us