Company Culture

Apa Itu Company Culture? Simak Penjelasannya

Setiap perusahaan pasti memiliki company culture, yaitu nilai-nilai, atribut, dan karakteristik organisasi yang berlaku di perusahaan. Istilah lainnya adalah budaya organisasi atau kultur perusahaan. Hal ini akan mempengaruhi kebiasaan karyawan di perusahaan dan keputusan yang mereka buat.

Budaya perusahaan mungkin saja disusun secara khusus seperti membuat peraturan, atau mungkin hanya hasil dari akumulasi kebiasaan pimpinan dari waktu ke waktu. Dengan budaya perusahaan yang kuat, karyawan memahami hasil yang diharapkan dan bertindak sesuai dengan itu.

Contoh Company Culture yang Mempengaruhi Cara Kerja Karyawan

Budaya perusahaan mencakup berbagai elemen, termasuk lingkungan pekerjaan, misi perusahaan, gaya kepemimpinan, nilai, etika, harapan, dan tujuan. Menurut Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI), ada empat jenis company culture.

1. Clan Culture

Clan culture memfokuskan aspek kolaborasi antar anggota tim. Orang-orang di dalamnya menganggap masing-masing diri mereka adalah satu klan atau keluarga besar yang saling membantu. Dalam budaya perusahaan jenis clan culture ini menjalankan kepemimpinan berbentuk mentorship.

2. Adhocracy Culture

Adhocracy culture adalah budaya kerja yang mementingkan inovasi dan kreativitas. Para karyawan diharapkan untuk berani mengambil risiko. Pimpinannya pun seorang inovator yang mendorong kerja cepat dan terbuka dengan perubahan

3. Hierarchical Culture

Hierarchical culture mengacu pada struktur perusahaan yang formal, taat aturan, dan mengikuti kontrol dari atasan. Beberapa perusahaan korporat mengedepankan nilai-nilai formal, tradisional, atau hierarkis.

Employee gift

4. Market Culture

Market culture adalah budaya perusahaan yang paling agresif dibandingkan tiga macam company culture yang telah disebut di atas. Budaya perusahaan ini bukan hanya memfokuskan pada persaingan dengan pesaing industri, tapi juga di antara karyawan dalam internal organisasi.

Penerapan market culture di satu sisi menjadi motivasi untuk karyawan agar lebih berprestasi, tapi juga berisiko untuk membentuk persaingan yang kurang sehat.

Mental Health Karyawan
Mental Health Karyawan

Jadi, seperti apa company culture di tempat Anda? Apapun yang diterapkan, tujuannya adalah meningkatkan kinerja tim dan mendukung perusahaan mencapai tujuan. Jangan lupa untuk tetap mengapresiasi tim Anda agar mereka lebih antusias dan memiliki loyalitas tinggi di perusahaan. Pada momen tertentu, berikan hadiah spesial untuk tim Anda berupa paket hampers yang berkesan. Kami dari Yippy siap membantu Anda untuk melakukan proses gifting yang mudah.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us