Seberapa Pentingkah Corporate Branding?

Secara keseluruhan, corporate branding merupakan salah satu aspek penting dari sebuah strategi pemasaran perusahaan. Mengutip dari Marketing 91corporate branding merupakan sebuah tindakan dimana para marketer menggunakan nama merek perusahaan sebagai upaya pengiklanan atas keseluruhan identitas bisnis pada semua saluran komunikasi. Apabila dibentuk dan dirancang dengan baik, strategi ini dapat memberikan dampak berupa keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan, dimana penjualan dan layanan produk di pasar dapat meningkat drastis karena adanya identitas serta nama merk yang kuat. Karena itu, adanya strategi corporate branding diharapkan dapat menjadi ciri khas perusahaan atau produk, dan membedakannya dari para pesaing di pasar.

Dalam prosesnya, dibutuhkan perencanaan yang matang dan kontribusi dari seluruh individu untuk menyukseskan corporate branding ini. Adapun proses kerja strategi ini meliputi melakukan brand audit, menentukan visi dan misi perusahaan, serta menyadari bahwa corporate branding bukan sekedar tagline.

Melakukan Brand Audit

Pada tahap brand audit, perusahaan perlu melakukan analisa mengenai kelebihan serta kelemahan, juga memeriksa brand message, identitas visual yang mereka rancang, bagaimana desain situs web perusahaan, print collateral, dan sebagainya.

Menentukan Visi dan Misi Perusahaan

Sangatlah penting untuk berdiskusi dan membahas seluruh nilai visi dan misi. Hal ini menjadi dasar agar seluruh anggota mengetahui tujuan serta harapan yang akan dicapai oleh perusahaan. Visi dan misi perusahaan yang telah ditentukan nantinya akan tersalurkan ke dalam brand message utama dari perusahaan.

Menyadari bahwa Corporate Branding bukan sekedar Tagline

Strategi corporate branding bukan hanya sekadar tagline untuk menggiring pelanggan baru. Adapun tujuan utama dari strategi ini yaitu untuk menciptakan identitas kepada produk dan perusahaan. Oleh karena itu, strategi branding yang telah terbentuk perlu dihargai dan diikuti oleh seluruh anggota dari perusahaan.

Melansir dari Chron, terdapat beberapa faktor utama yang menjadikan corporate branding sangat krusial untuk dimiliki oleh perusahaan. Corporate branding akan memberikan margin keuntungan yang lebih besar, meningkatkan angka pengembalian investasi pemasaran, meningkatkan nilai saham perusahaan, menyediakan rencana jangka panjang untuk keperluan pemasaran dan konsistensi produk, mendefinisikan kepribadian bisnis, serta memungkinkan upaya pemasaran untuk dengan mudah menargetkan segmen yang paling sesuai untuk penawaran produk.

Corporate branding sesungguhnya melampaui apa yang mungkin dianggap banyak orang sebagai logo, tagline, atau skema warna tertentu. Apabila dieksekusi dengan rapi, corporate branding dapat menjadi keuntungan besar bagi perusahaan.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us