Mental Health Karyawan : Bagaimana Cara Menjaganya?

Lingkungan kerja yang penuh tekanan seringkali membuat karyawan merasa stress. Tingkat stress yang tinggi dan terus berlanjut sangat berbahaya karena akan mengganggu kesehatan mental dari karyawan. Kesehatan mental seringkali diremehkan dan dinilai tidak sedarurat kesehatan fisik. Padahal, kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Adanya kesehatan mental yang terganggu pada karyawan juga tentunya akan mempengaruhi kinerja serta produktivitas di tempat kerja. Lantas, bagaimana cara menjaga mental health karyawan?

Kepemimpinan yang Suportif

Adanya kepemimpinan yang suportif akan menciptakan lingkungan kerja yang suportif juga. Tersedianya lingkungan kerja yang baik akan membantu dalam memicu keterlibatan karyawan, serta adanya pengembangan diri dari karyawan. Selain itu, adanya kepemimpinan yang suportif juga menyebabkan karyawan tidak merasa berada di bawah tekanan, sehingga pekerjaan dapat berjalan lebih efektif dan kesehatan mental tetap terjaga.

Kejelasan Peran

Adanya kejelasan peran bertujuan agar karyawan memiliki “sense of purpose” dan mengetahui apa yang diharapkan dari mereka. Hal ini akan menyebabkan karyawan tahu secara jelas pekerjaan yang harus mereka tangani, dan pekerjaan tidak akan di luar atau melebihi tugas mereka. Adanya kejelasan peran akan membantu menjaga kesehatan mental karyawan karena adanya pemberian tugas secara berlebih di luar ranah pekerjaan karyawan dapat memicu stress, dan akan membawa terhadap tingkat stress tinggi apabila dilakukan secara terus menerus.

Keterlibatan Karyawan

Adanya keterlibatan karyawan menyebabkan karyawan dapat berkolaborasi, berbagi ide-ide, serta mengatasi persoalan secara bersama. Adanya keterlibatan karyawan menyebabkan adanya rasa kepemilikan, serta adanya rasa dihargai. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dari karyawan. Sebagai salah satu contoh, Anda dapat memberikan gift kepada karyawan tersebut. Anda dapat bekerja sama dengan platform seperti Yippy yang menyediakan solusi end-to-end gifting.

Menyediakan Sesi Konseling dan Pembinaan

Untuk memberikan kemudahan kepada karyawan mencari bantuan profesional ketika dibutuhkan, perusahaan dapat menyediakan sesi konseling secara rutin. Dengan menyediakan layanan ini, karyawan dapat lebih terbuka tentang perasaannya, dan dapat menghindari adanya tingkat stress yang tinggi.

Menjaga kesehatan mental karyawan merupakan hal yang sangat penting, untuk menjaga kebahagiaan karyawan dan produktivitas dari perusahaan.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us