7 Kesalahan dalam Melakukan Gifting

Memberikan hadiah untuk seseorang adalah sebuah tanda kepedulian, apresiasi, atau memang khusus untuk merayakan momen istimewa. Bukan hanya hadiah personal, tapi di perusahaan pun ada proses gifting untuk karyawan atau untuk customer dan klien. Sayangnya, masih sering terjadi kesalahan dalam melakukan gifting yang alasannya bisa terjadi karena beberapa hal. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan yang akan kami sampaikan berikut, maka Anda bisa memilih hadiah dengan tepat.

Inilah Kesalahan dalam Melakukan Gifting

Di antara kesalahan-kesalahan ini mungkin dianggap sepele, padahal bisa berdampak serius. Apa saja kesalahan proses gifting yang sebaiknya tidak Anda lakukan?

1. Memilih yang Tidak Sesuai Kebutuhan

Sebelum memberikan hadiah apapun, lakukan riset terlebih dahulu tentang penerimanya. Siapa dia, apa yang dibutuhkannya, apa yang disukai atau tidak disukainya, dan beberapa informasi penting lainnya harus diketahui terlebih dahulu. Jangan sampai memberikan sesuatu yang tidak sesuai kebutuhannya.

2. Memanfaatkan Gift yang Pernah Diberikan Orang

Ada kalanya Anda memiliki banyak hadiah yang didapat dari orang lain, seperti kolega Anda. Tapi, beberapa di antaranya belum dipakai dan masih tetap baru. Meskipun pemberian orang lain tersebut tidak bisa Anda pakai, bukan berarti langsung bisa diberikan ke orang lain lagi karena tetap harus menghargai orang atau pihak yang memberi.

3. Memberi Hadiah yang Terlalu Murah

Memang dalam memberikan hadiah, yang paling utama bukan berapa harganya. Asal proses gifting tersebut sesuai momen dan dikemas dengan baik, penerima tetap akan senang. Tapi, tidak disarankan juga untuk memberi hadiah yang terlalu murah, apalagi jika yang menerima adalah sosok penting seperti klien atau partner bisnis.

4. Memilih Hadiah yang Cepat Expired

Misalnya Anda ingin memberikan hadiah ke kolega di luar kota dan harus dengan paket, maka hindari hadiah yang cepat expired. Pilih hadiah yang juga tidak mudah rusak saat dikirim melalui ekspedisi.

5. Hadiah yang Tidak Sesuai Momen

Beberapa hadiah tertentu harus menyesuaikan momen, seperti hadiah Natal dan Tahun Baru. Misalnya memberikan hadiah tersebut di hari biasa, tentu saja tidak tepat dan kurang berkesan.

6. Memberi Gift dengan Mengharap Imbalan

Idealnya memang orang yang diberi hadiah, nantinya juga akan giliran memberi hadiah juga sebagai timbal balik. Tapi, pihak yang memberikan tidak perlu mengutarakan hal itu kepada si penerima.

7. Hadiah untuk Menjaga Gengsi

Proses gifting dengan harga terlalu murah adalah hal yang tidak tepat. Sebaliknya, hadiah yang terlalu mahal hanya karena menjaga gengsi juga bukan tindakan bijak. Untuk menghindari kesalahan dalam melakukan gifting, pilih hadiah dengan harga wajar tapi tetap berkualitas. Untuk memilih produk terbaik dan proses gifting yang mudah, Yippy siap membantu Anda yang akan memberi hadiah untuk klien bisnis atau tim Anda.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us