Mental Health Karyawan

Mental Health Karyawan: Bagaimana Cara Menjaganya?

Beberapa tahun belakangan, masalah kesehatan mental adalah topik yang sering dibacarakan banyak orang. Bukan hanyak penting untuk personal, tapi yang tidak kalah penting adalah mental health karyawan. Semakin baik kesehatan mental karyawan, maka mereka menjadi lebih produktif dalam bekerja. Sebaliknya, jika kesehatan mental sedang bermasalah, berbagai aktivitas pekerjaan harian pun bisa terganggu. Untuk menjaga kesehatan mental, tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam keseharian.

Begini Cara Menjaga Mental Health Karyawan

Sama seperti kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu dirawat dengan penuh kesadaran. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Journaling secara Rutin

Journaling memang terlihat sederhana, yaitu menulis di buku harian. Tapi, sebenarnya jika dilakukan dengan rutin, hasilnya bisa dirasakan. Cara melakukan journaling dalam rangka menjaga kesehatan mental bisa memakai bantuan template. Anda bisa menuliskan perasaan, keinginan, atau apapun yang berkesan saat itu. Disarankan untuk menulis jurnal harian dengan tulisan tangan agar bisa lebih mengoptimalkan kinerja otak.

2. Memahami Batasan Diri

Menjaga mental health karyawan bisa dijaga dengan memahami batasan diri. Misalnya dalam suatu pekerjaan yang penuh tekanan, pastikan untuk menjalaninya dengan kemampuan terbaik dan tidak terlalu memaksakan diri. Komunikasikan dengan HR jika ada kendala untuk menjalankan kewajiban kantor.

karyawan burnout
karyawan burnout

3. Manfaatkan Jatah Cuti

Jangan lupa untuk memanfaatkan jatah cuti karyawan setiap tahun. Saat cuti tersebut, karyawan bisa memanfaatkan untuk kegiatan jalan-jalan, quality time, atau aktivitas self healing apapun. Setelah cuti, nantinya energinya akan pulih kembali dan siap untuk bekerja lebih produktif daripada hari-hari sebelumnya.

4. Memberikan Apresiasi atas Kontribusi Mereka

Dari pihak perusahaan, yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental karyawan adalah dengan mengapresiasi pekerjaan mereka. Apresiasinya bisa dalam bentuk uang bonus atau hadiah yang memorable. Terlepas dari apa hadiah yang diberikan, karyawan akan merasa senang sebagai bagian dari tim perusahaan.

Khusus untuk perusahaan yang akan memberikan apresiasi kepada karyawan, maka pastikan untuk memilih hadiah yang spesial yang dijamin kualitasnya. Apresiasi perusahaan ke karyawan bisa Anda lakukan bersama Yippy, platform gifting terpercaya yang menawarkan proses yang mudah.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us