Employee Engagement

Efek Employee Engagement Terhadap Produktivitas

Bagi Anda yang sudah lama terjun ke dunia korporasi pasti tidak asing dengan istilah employee engagement. Employee engagement adalah keterikatan secara emosional dan intelektual yang tinggi antara karyawan dengan pekerjaan, organisasi, manajer, sampai rekan kerja. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh kelompok peneliti Gallup pada tahun 2004.

Apabila seorang karyawan merasa memiliki pilihan, mereka akan bertindak lebih jauh untuk kepentingan organisasi atau perusahaan. Sederhananya, hal inilah yang dinamakan dengan employee engagement. Karyawan merasa antusias dalam mengerjakan pekerjaan dan tidak merasa terbebani oleh pekerjaan tersebut.

Apa Manfaat Employee Engagement?

Sudah tidak perlu diragukan lagi jika employee engagement memiliki efek signifikan. Diantaranya peningkatan produktivitas karyawan, profitabilitas, mempertahankan karyawan, kepuasan konsumen dan keberhasilan perusahaan. Efek seperti ini saling berpengaruh satu sama lain antara karyawan dan keterikatan emosi mereka.

Karyawan yang memiliki derajat engagement tinggi juga akan memiliki keterikatan emosi tinggi pada perusahaan. Keterikatan emosi ini akan berpengaruh secara langsung saat karyawan menyelesaikan pekerjaan mereka. Keinginan karyawan untuk meninggalkan pekerjaan atau perusahaan mereka akan menjadi rendah. Pernyataan tersebut sudah dibuktikan dalam riset yang dilakukan Development Dimensions International, Inc pada tahun 2006.

Bagaimana cara meningkatkan Employee Engagement?

Setelah mengetahui beragam manfaat dari efek employee engagement, selanjutnya bagaimana cara meningkatkan employee engagement? Strategi ampuh yang bisa digunakan adalah dengan memberi penghargaan pada karyawan. Kebanyakan perusahaan hanya fokus pada hukuman ketika karyawan telat atau bekerja tidak sesuai perintah.

Sebagai langkah awal, pemberian penghargaan berupa hadiah-hadiah tertentu bisa dilakukan. Karyawan akan merasa dihargai atas kerja keras mereka dan secara tidak sadar keterikatan emosional perlahan dipupuk. Penghargaan sekecil apapun selalu terasa bermakna bagi karyawan. Oleh karena itu, mulai lakukan strategi penghargaan atau hadiah sebagai langkah awal Anda.

Setiap perusahaan tentu menginginkan efek employee engagement ini dirasakan oleh karyawan mereka. Hal ini karena beragam manfaat dapat dicapai mulai dari produktivitas karyawan sampai hasil pekerjaan yang memuaskan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi khusus untuk menciptakan kondisi ini seperti pada ulasan di atas.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us