Complain dari customer

Cara Menangani Complain dari Customer atau Client

Complain dari customer bukanlah sesuatu yang menyenangkan, meskipun hal ini tetap akan terjadi tanpa diduga. Terkadang, suatu hal yang tidak disengaja membuat customer kecewa. Sudah pasti pemilik bisnis harus menghadapinya dengan cara yang bijak. Apalagi jika customer atau clien marah dan menunjukkan hard complain. Apa yang semestinya dilakukan agar tidak berdampak semakin buruk? Inilah yang seharus difokuskan, dan tidak harus berlarut-larut pada situasi yang mungkin kurang kondusif. Langsung saja lakukan sesuatu untuk menangani complain dari customer.

Kena Complain dari Customer? Lakukan Hal Ini

Kepuasan konsumen memang sesuatu yang harus menjadi prioritas. Di antara hal-hal berikut, mana yang paling efektif untuk Anda?

1. Dengarkan Keluhan Mereka

Adanya complain dari customer, pasti ada sebabnya. Saat mereka menyampaikan kekecewaan setelah membeli di tempat Anda, terlebih dahulu dengarkan apa yang mereka katakan. Apakah mereka mengeluh kecewa karena produk yang tidak sesuai, pelayanan yang kurang ramah, atau justru ada kesalahan teknis yang memicu miskomunikasi. Jangan sampai jika Anda sebagai pemilik bisnis menunjukkan sikap membela diri dan tertutup pada keluhan, padahal itu bisa menjadi bahan perbaikan ke depannya.

Mental Health Karyawan
Mental Health Karyawan

2. Merespons dengan Tenang

Cara merespons complain dari customer atau client yang terlanjur kecewa, pastikan untuk memvalidasi perasaan mereka. Misalnya ketika mereka menyampaikan lewat chat di kolom review customer, Anda bisa membalas begini;

“Baik, kami memahami kekecewaan Anda, selanjutnya kami akan (sebutkan langkah konkret yang akan dilakukan sesuai keinginan mereka)”

“Mohon maaf kak atas ketidakpuasan yang kakak rasakan, (lalu tawarkan sebuah solusi yang membuat mereka tenang)”

VIP Client

3. Berikan Produk Gratis sebagai Gantinya

Jika customer yang complain sudah menyampaikan ketidakpuasannya dan pemilik bisnis juga sudah tahu solusinya, selanjutnya berikan layanan yang lebih untuk mereka. Anda bisa tawarkan produk gratis atau bonus sebagai wujud permohonan maaf. Akan lebih menarik jika ditambahi dengan ucapan atau kata-kata yang tulus.

Onboarding Kit

Rekomendasi hadiah yang bagus untuk customer atau client Anda, bisa didapatkan dengan bantuan Yippy.id sebagai platform gifting yang telah terpercaya untuk membantu perusahaan-perusahaan mengirimkan berbagai macam gift. Yippy siap membantu Anda untuk setiap proses gifting yang jauh lebih mudah.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us