Peran Corporate Gifting dalam Meningkatkan Kolaborasi Tim

Membahas tentang kolaborasi tim, motivasi saja tidak cukup untuk membuat karyawan semangat bekerja. Maraknya isu kesehatan mental dan budaya kerja belakangan ini membuat banyak perusahaan mulai memusatkan perhatian mereka pada kebahagiaan karyawan. Ada banyak cara untuk mendukung kolaborasi tim di kantor, misalnya mengatur pola kerja yang sesuai, komunikasi terbuka, mendorong partisipasi, sampai dengan memberikan hadiah atau corporate gifting.

Corporate gifting adalah upaya dari perusahaan untuk memberikan hadiah kepada karyawan, klien, mitra, atau pihak terkait. Selain mendukung kolaborasi, manfaat corporate gifting bisa membangun relasi yang lebih baik dengan penerima hadiah. Khususnya untuk meningkatkan kolaborasi tim, berbagai perusahaan telah mempraktikkan hal ini dan memang ada hasil nyata yang dirasakan oleh pemberi maupun penerima hadiah.

Mengapa Corporate Gifting Begitu Penting?

Nah, berikut ini adalah peran corporate gifting dalam meningkatkan kolaborasi tim.

Memotivasi Para Karyawan

Corporate gifting adalah cara yang menarik untuk memperkuat semangat dan motivasi karyawan. Apalagi mereka sudah memberi kontribusi yang terbaik dan meraih target tertentu. Kegiatan pemberian corporate gifting untuk tim di kantor seharusnya bukan cuma menjadi agenda tambahan. Tapi, ini adalah bagian tidak terpisahkan dari rencana manajemen perusahaan untuk memastikan karyawan bahagia dalam menjalankan tugas-tugas di tempat kerja.

Membuat Karyawan Semakin Loyal

Kunci loyalitas karyawan memang bisa dipengaruhi banyak faktor, termasuk faktor internal dan eksternal. Loyalitas bisa terbentuk dengan kuat ketika karyawan dan perusahaan sama-sama bisa menjalankan value yang sama dalam bekerja. Melalui corporate gifts, perusahaan juga dapat meningkatkan loyalitas karyawan untuk perusahaan. Para karyawan merasa diapresiasi atas kontribusinya, sehingga mereka tetap berkomitmen dan setia pada perusahaan.

Meningkatkan Hubungan Antara Anggota Tim

Selanjutnya, peran corporate gift dalam meningkatkan kolaborasi tim adalah menjadikan hubungan antara anggota tim semakin erat. Corporate gifting dapat menciptakan ikatan emosional dan rasa saling menghargai antara anggota tim. Dengan memberikan hadiah kepada rekan kerja, anggota tim merasa dihargai dan diakui kontribusinya, yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan semangat kolaborasi.

Bentuk Apresiasi Kinerja Karyawan

Hadiah tak melulu soal uang, kamu boleh memberikan hadiah pada karyawanmu berupa barang sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja mereka. Baik apresiasi saat karyawan-karyawan mencapai tujuan tertentu maupun kegiatan positif lainnya yang serupa. Misalnya, merayakan ulang tahun karyawan, memberikan hampers di hari raya, dan membelikan tiket liburan untuk rehat sejenak setelah berkutat dengan projects yang panjang. Dengan corporate gifting seperti ini akan membuat para karyawan merasa lebih dihargai dan dibutuhkan. Akhirnya, mereka dapat bekerja dengan bahagia dan penuh tanggung jawab.

Meningkatkan Motivasi dan Kinerja

Peran utama corporate gifting adalah sebagai sumber pemacu motivasi atau semangat karyawan. Para karyawan sangat menyukai pemberian dari perusahaan. Sebab, mereka merasa kontribusi atau usaha mereka telah diakui.

Setelah mendapatkan reward, mereka akan merasa harus memberikan imbalan yang serupa pada perusahaan yang telah memperlakukan mereka dengan baik. Lama-kelamaan, karyawan di perusahaanmu akan terpacu semangatnya untuk terus berprestasi.

Lingkungan Kerja Positif

Ketika para karyawan telah merasa termotivasi, mereka akan bersikap lebih positif di tempat kerja. Dengan pemberian reward, secara tidak langsung kamu memberitahu mereka bahwa karyawan bukan sekedar pencetak uang, tapi aset berharga perusahaan. Baik perusahaan secara garis besar maupun masing-masing individu yang di dalamnya, semua akan menciptakan suasana yang positif. Sehingga, terciptalah lingkungan kerja yang sehat dan positif.

Turnover Rate Karyawan Berkurang

Biasanya, turnover rate ini menjadi gambaran produktivitas HR dan manajemen perusahaan secara keseluruhan. Maka dari itu, angka ini seringkali masuk ke daftar hal yang perlu diperhatikan saat sedang melamar pekerjaan.

Banyak faktor yang menyebabkan naik-turunnya angka ini, mulai dari permasalahan perusahaan hingga permasalahan pribadi. Meskipun alasannya kurang bisa diprediksi, secara umum, semakin tinggi turnover ratenya, semakin ada yang salah dengan perusahaan tersebut.

Mengingat pentingnya angka ini, sebaiknya kamu memilih mengeluarkan budget untuk corporate gifting daripada untuk proses rekrutmen. Dengan pemberian hadiah, karyawanmu pun jadi makin betah.

Reputasi Perusahaan Meningkat

Bayangkan saja, satu langkah kecilmu ternyata bisa membuat perubahan sebegitu besarnya. Bagaimana tidak? Perusahaanmu dan karyawanmu saling bekerja sama dengan baik di lingkungan yang positif. Dampak positif lainnya, perusahaanmu akan dikenal lebih baik oleh masyarakat luas.

Energi positif inilah yang akan meningkatkan kolaborasi tim. Jadi, cobalah untuk menunjukkan niat baikmu melalui corporate gifting. Perhatikan detail hadiah yang akan kamu berikan. Kamu boleh sesekali mengeluarkan budget lebih besar demi mengutamakan kebutuhan dan kesukaan karyawanmu.

Kalau soal corporate gifting, Yippy ahlinya! Kami hadir dengan opsi pemberian hadiah yang siap membuat klien dan karyawanmu terpukau. Selain itu, kamu bisa menghemat waktu dengan sistem otomatisasi dan personalisasi kami. Satu klik saja, kamu bisa mengirimkan berapapun hadiah yang kamu mau. Yuk, hubungi Yippy sekarang juga!

Posts created 70

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us