7 Contoh Strategi Promosi yang Efektif Menaikkan Penjualan

Jika Anda memiliki bisnis, tentu harus mempunyai strategi promosi produk dengan benar. Tujuannya tentu saja untuk mengembangkan usaha tersebut agar bisa menghasilkan omzet yang besar. Tanpa strategi pemasaran promosi yang efektif, produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak akan dikenali banyak orang.

Dalam mengembangkan suatu usaha, strategi promosi penjualan sangatlah diperlukan. Namun terkadang, sistem promosi yang berjalan masih kurang tepat sasaran. Order pesanan masih tidak kunjung datang meskipun promosi sudah dilakukan secara jor-joran. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang memiliki bisnis untuk mengetahui contoh strategi promosi yang efektif.

apa itu strategi promosi? Pada dasarnya, strategi promosi adalah memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada calon konsumen dengan cara yang efektif, sehingga promosi tersebut mampu menarik konsumen agar membeli produk atau jasa yang Anda jual setelah tergiur dengan manfaat yang ditawarkan oleh produk tersebut.

Lalu, bagaimana cara strategi promosi produk usaha yang tepat dan efektif mendatangkan omzet? Simak artikel di bawah ini agar Anda bisa lebih paham.

Contoh Strategi Promosi Paling Efektif Di Zaman Digital

1. Promosi melalui Media Sosial

Contoh strategi promosi yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah melalui media sosial. Banyak orang telah mengatakan bahwa strategi promosi ini merupakan metode promosi yang paling efektif. Selain memiliki pengguna aktif yang banyak, Anda juga bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dan besar. Ditambah fitur pendukung yang dapat mengefektifkan bisnis Anda. Anda bisa memulai dengan buat akun di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan akun sosial media lainnya, sembari mengisi konten feed dengan produk yang Anda miliki.

2. Promosi dengan endorsement

Media sosial yang mulai menjamur telah melahirkan banyak influencer dan selebgram ­baru yang dapat Anda ajak berkolaborasi atau endorse. Apalagi jika mereka memiliki pengikut yang banyak, tentu akan membuat produk Anda semakin dikenal oleh pengguna media sosial yang belum mengikuti akun produk Anda. Tapi ingat, tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

3. Promosi Melalui Meme

Meme merupakan salah satu konten media sosial yang saat ini sedang populer di kalangan kawula muda. Sifatnya yang menghibur dan ringan membuat konten ini sering dibagikan secara masif. Jika produk yang Anda bisa dikemas secara meme dan dibagikan ke media sosial, maka jangkauannya akan lebih luas lagi. Meme semacam ini Cocok untuk Brand awareness suatu produk.

4. Promosi lewat Website

Anda juga bisa membuat suatu website sebagai company profile perusahaan Anda sebagai media promosi. Didalam web tersebut bisa Anda masukkan katalog online mengenai produk atau jasa yang Anda jual. Hal ini membuat bisnis Anda terlihat profesional dan bisa menyaring calon pembeli dari jalur mesin pencari seperti google.

5. Promosi Dengan Marketplace atau E-commerce

Berikutnya ada contoh strategi promosi dengan marketplace atau e-commerce. Promosi ini cocok jika Anda memiliki produk yang mudah dijual di pasaran seperti misalnya makanan atau aksesoris tubuh(baju, celana, sepatu), beberapa alat-alat elektronik, maupun alat rumah tangga. Mengingat popularitas belanja online semakin hari semakin meningkat. Anda dapat menggunakan media ini sebagai salah satu bentuk promosi produk dan/atau jasa yang Anda miliki.

6. Promosi melalui YouTube

YouTube juga bisa menjadi salah satu media promosi yang efektif. Anda dapat mengunggah video-video menarik seputar produk Anda, Seperti video tutorial, review produk, atau edukasi yang relevan dengan produk Anda.

7. Promosi melalui brosur atau spanduk

Meskipun termasuk salah satu cara promosi konvensional, namun promosi melalui brosur atau spanduk tidak bisa dianggap kuno. Buktinya, masih banyak brand-brand diluar sana yang menggunakan brosur atau spanduk untuk menawarkan usaha mereka hingga saat ini. Anda hanya perlu membuat konten yang menarik dan unik agar orang-orang lebih tertarik untuk membaca promosi yang Anda buat.

Selain melakukan promosi produk, Anda juga bisa menarik calon pembeli dengan menawarkan souvenir untuk setiap produk yang mereka beli dari tempat Anda.

Ide Barang Yang Cocok Dijadikan Souvenir Untuk Promosi Bisnis

Anda juga bisa menggunakan beberapa barang dibawah ini sebagai souvenir yang diberikan kepada pelanggan yang telah memesan produk Anda.

1. Kalender

Souvenir kalender cocok diberikan saat mengadakan acara perusahaan. Kalender bisa menjadi barang yang terus digunakan oleh penerimanya selama satu tahun penuh. Ini bisa menjadi souvenir sekaligus media promosi yang bagus untuk brand Anda.

Kabar bagus untuk Anda bahwa Yippy saat ini memiliki layanan cetak kalender free design custom sesuai keinginan Anda.

2. Tumblr

Salah satu souvenir promosi yang akhir-akhir ini cukup populer adalah tumblr. Bagi yang belum tahu, tumblr merupakan wadah minum masa kini yang sedang digandrungi khalayak ramai. Jika ingin tampilannya lebih menarik, cobalah mengemas tumblr tersebut keddalam kotak. Lalu, hias dengan pita untuk menambah kesan unik.

Selain terlihat modern dan fungsional, harga tumblr custom juga cukup terjangkau. Sekarang, Anda bisa mencetak tumblr secara custom hanya di Yippy.

3. Payung

Pernah terpikir untuk memberikan payung sebagai souvenir untuk customer? Jika belum, Anda patut mempertimbangkan untuk memilih dagangan unik ini sebagai oleh-oleh. Beberapa perusahaan besar kerap memanfaatkan souvenir payung sekaligus alat promosi. beberapa bank ternama di Indonesia, bakan perusahaan sekelas Rolls Royce juga memberikan payung sebagai souvenir untuk produk mereka.

Anda bisa memilih payung sesuai dengan budget merchandise perusahaan. Lalu, tambahkan logo agar branding semakin efektif. Seperti di Yippy yang bisa menyediakan payung dengan logo sesuka Anda untuk membantu brand Anda lebih dikenal banyak orang.

4. Mug atau Cangkir Kustom

Salah satu contoh souvenir untuk perusahaan yang cocok untuk Anda pilih adalah mug atau cangkir custom. Tak hanya unik, cangkir atau mug tersebut juga fungsional dan dapat digunakan setiap hari oleh penerimanya. Pertimbangkan desain yang menarik agar lebih berkesan bagi yang menerimanya. Jika Anda bingung dengan desain mug menarik, Anda bisa serahkan pada Yippy yang memiliki produk mug dengan desain custom.

Itulah beberapa cara strategi promosi yang bisa meningkatkan omzet penjualan Anda. Selamat mencoba dan terimakasih telah membaca artikel ini.

Posts created 4

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us