Karyawan Burnout? Intip Tips Cara Menghadapinya

Tidak sedikit karyawan mengalami burnout ketika dihadapkan dengan pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Burnout merupakan sindrom yang berkembang sebagai respons dari kondisi kerja yang merugikan secara kronis. Hal ini dapat terjadi saat seseorang ingin melakukan kegiatan lain, tetapi hal itu seolah lebih berat. Terutama di tengah situasi pandemi seperti sekarang yang mengharuskan karyawan untuk bekerja di rumah, burnout sangat mudah terjadi. Kondisi yang dialami umumnya seperti stres berat, frustasi, kurang motivasi, dan mudah merasa lelah. Selain berdampak buruk bagi karyawan, adanya burnout juga akan berdampak buruk bagi perusahaan. Untuk itu, yuk intip beberapa tips berikut untuk menghadapi karyawan yang burnout.

Ubah Jam Kerja

Jam kerja yang panjang dan padat menjadi salah satu faktor dari burnout. Walau pekerjaan menumpuk, karyawan tidak boleh untuk ditekan dengan membuat jam kerja yang sangat padat karena akan mempengaruhi produktivitas dari karyawan juga, dimana dampak dari burnout karyawan juga dapat menurunkan produktivitas internal perusahaan.

Perbaiki Budaya Kerja

Sangatlah penting budaya kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Adanya pemenuhan kesejahteraan karyawan dapat menyebabkan karyawan menjadi lebih bahagia, bekerja dengan senang hati dan sepenuh hati, dan akan menyebabkan meningkatnya produktivitas kerja.

Beri Apresiasi

Apresiasi berupa hampers atau hadiah kecil dapat menjadi pemicu semangat baru bagi karyawan. Karyawan yang mendapat apresiasi akan merasa lebih dihargai pekerjaannya dan dapat menaikan semangat kerja dari karyawan. Yippy dapat membantu perusahaan dalam memudahkan untuk memberikan apresiasi terhadap karyawan.

Program Kesehatan Mental

Adanya sesi dskusi yang berisi tentang penyampaian kritik dan saran selama bekerja sangat penting dilakukan untuk mengetahui tingkat keluhan yang dimiliki karyawan. Kesehatan mental yang sering diderita karyawan adalah stress, yang dapat menyebabkan karyawan lebih mudah merasa burnout dan akan mempengaruhi produktivitas kerja. Lakukanlah sebuah program kesehatan mental dengan partnership atau konseling kepada psikolog berpengalaman untuk mencegah karyawan dengan tingkat stress tinggi.

Lakukan Evaluasi

Evaluasi merupakan hal penting dalam perusahaan yang harus dilakukan secara rutin. Adany interaksi dan diskusi akan mengurangi terjadinya burnout pada karyawan. Masing-masing karyawan dan para atasan perusahaan harus saling menerima pendapat sebagai bahan evaluasi untuk kemajuan dari perusahaan kedepannya.

Berikut merupakan beberapa tips untuk mengatasi karyawan yang burnout akibat pekerjaan yang menumpuk. Yuk terapkan untuk kesejahteraan bersama!

Posts created 8

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us