Apa Itu Customer Retention, Pentingkah untuk Bisnis?

Customer retention adalah segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer agar tetap menggunakan produk atau layanan mereka. Ini sering dikaitkan dengan customer loyalty atau loyalitas konsumen. Lalu, seberapa penting pengaruhnya untuk bisnis Anda? Tentu saja hal ini tidak bisa dianggap sepele karena mempengaruhi penjualan dan keutungan bisnis Anda secara keseluruhan.

Apa Itu Customer Retention?

Arti retention adalah penahanan atau penyimpanan secara terus-menerus atau berkelanjutan. Customer retention yaitu kemampuan perusahaan untuk mengubah konsumen biasa menjadi pelanggan setia yang mau membeli berulang-ulang (repeat order) dan tidak berpindah ke kompetitor. Tujuannya adalah agar perusahaan bisa menghasilkan keuntungan secara efektif dan mengurangi biaya pemasaran.

Yang sering terjadi, pebisnis hanya fokus untuk terus menarik konsumen baru agar lebih banyak penjualan. Padahal, dengan strategi yang tepat, keuntungan bisnis terbesar adalah dari pelanggan setia. Inilah pentingnya customer retention yang bisa dirasakan efeknya secara berkelanjutan.

Cara menghitungnya adalah seperti berikut;

  • Catat jumlah pelanggan pada awal periode, misal pada awal bulan.
  • Hitung jumlah pelanggan baru yang didapatkan pada periode tersebut.
  • Hitung berapa jumlah pelanggan total pada akhir periode.

Bagaimana Strategi Customer Retention yang Tepat?

Untuk memaksimalkan customer retention, bisa dilakukan dengan strategi atau cara ini;

Menyediakan Pilihan Produk yang Bervariasi

Banyaknya pilihan produk adalah salah satu daya tarik konsumen untuk datang. Pelanggan Anda pada awalnya mungkin hanya coba-coba untuk membeli sesuatu di tempat Anda. Ketika mereka merasa cocok, mereka pun kembali untuk membeli sesuatu yang lain lagi. Pada intinya, kalau yang Anda sediakan itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, maka itu adalah langkah yang bagus untuk mewujudkan customer retention.

Berikan Layanan yang Lebih Personal

Saat ini layanan bisnis sudah jauh lebih banyak dan semakin kreatif. Tapi, konsumen juga akan memilih yang paling mereka sukai. Salah satu yang disukai konsumen adalah layanan yang lebih personal. Misalnya jika Anda membuat produk custom, tawarkan sesuatu yang unik dan memorable untuk mereka.

Buat Program Khusus Pelanggan Setia

Pasti ada alasan mengapa pelanggan tetap setia dengan bisnis Anda di saat ada banyak yang lain yang lebih bagus. Itulah saatnya Anda membuat sesuatu yang eksklusif untuk mereka sebagai pelanggan setia. Dengan membuat mereka merasa diprioritaskan, itu berarti pengalaman yang menyenangkan untuk pelanggan Anda.

Program seperti apa yang cocok untuk pelanggan Anda dalam rangka customer retention? Misalnya untuk pelanggan yang ulang tahun. Beri mereka hadiah eksklusif atau sesuatu yang limited edition. Agar lebih meyakinkan,

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us