Tips Agar Penerapan Work from Anywhere Lancar

Cara kerja jarak jauh kini menjadi pilihan di berbagai perusahaan. Khususnya pada masa pandemi, masyarakat terbiasa bekerja dari rumah (work from home). Bahkan sampai sekarang konsep kerja fleksibel ternyata menjadi favorit karyawan karena berbagai alasan. Apalagi jika perusahaan memberi kesempatan bekerja dari mana saja (work from anywhere). Penerapan work from anywhere atau WFA membutuhkan adaptasi dari berbagai aspek, karena praktiknya tidak sama seperti saat kerja di kantor. Kali ini kita akan bahas hal terpenting yang harus diperhatikan dalam penerapan work from anywhere.

Agar Penerapan Work from Anywhere Lebih Produktif

Anda yang sudah menerapkan WFA pasti merasakan kelebihan dan kekurangan sistem kerja seperti ini. Agar WFA lebih produktif dan menyenangkan, simak tips berikut!

Atur Tempat Kerja yang Lebih Kondusif

Saat bekerja di kantor, umumnya pekerjaan dilakukan dari ruangan bersama rekan kerja. Tapi, saat WFA, karyawan bisa bekerja dari rumah, kerja di coffee shop, atau tempat apapun yang dirasa nyaman. Asal tempatnya kondusif untuk bekerja, maka tempat tersebut bisa dipilih.

Hindari Distraksi yang Mengganggu Pekerjaan

Penerapan work from anywhere memang memberi kebebasan tersendiri. Apalagi suasana kerja jadi lebih terasa damai karena bisa merasakan tempat yang sesuai keinginan. Lain halnya dengan di kantor yang mungkin terkesan monoton. Tapi, kadang distraksi saat kerja muncul dari banyak hal, misalnya saat kerja justru tergoda untuk jalan-jalan atau mencari hiburan. Coba untuk fokus bekerja di saat memang harus bekerja.

Jaga Komunikasi secara Efektif

Komunikasi adalah kunci agar koordinasi pekerjaan bisa berjalan lancar. Meskipun karyawan kerja jarak jauh, pastikan manajer tetap bisa memantau pekerjaan dan bisa melihat progres setiap hal yang dilakukan. Kinis sudah banyak teknologi yang memungkinkan koordinasi pekerjaan jarak jauh menjadi semakin mudah. Misalnya dengan menggunakan aplikasi absensi online yang juga mendukung laporan pekerjaan harian.

Tetap Maksimalkan Dukungan dari Perusahaan

Penerapan work from anywhere semestinya tetap ada dalam pengawasan perusahaan. Meskipun bekerja tidak di kantor, tapi perusahaan tetap bisa memberikan dukungan kepada karyawan agar semangat kerjanya meningkat. Caranya dengan memberikan peralatan atau fasilitas kerja yang mendukung pekerjaan karyawan. Contohnya adalah smartphone untuk karyawan yang bekerja di bidang pembuatan konten.

Pada berbagai kesempatan, perusahaan bisa memberikan apresiasi atau hadiah untuk karyawan. Misalnya untuk karyawan yang sedang ulang tahun atau apresiasi untuk karyawan berprestasi. Saat memberi hadiah untuk tim yang sudah bekerja dengan sepenuh hati, tentu hadiahnya juga tidak bisa sembarangan. Percayakan urusan pemberian hadiah dengan Yippy. Kami bisa membantu Anda untuk setiap proses gifting agar menjadi jauh lebih mudah.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us