Offboarding Kits

Saatnya Tampil Beda dengan Offboarding Kits

Salah satu momen berkesan bagi karyawan perusahaan adalah ketika baru masuk kerja dan ketika resign atau berhenti bekerja di sebuah perusahaan. Ketika karyawan baru masuk, umumnya ada onboarding kits untuk karyawan. Sementara itu, saat karyawan resign juga ada offboarding kits. Tapi, belum semua perusahaan menerapkan hal tersebut. Sebagian perusahaan juga ada yang hanya menerapkan onboarding, tapi tidak ada offboarding.

Apa Itu Offboarding?

Sebelumnya, perlu kita pahami pengertian offboarding yaitu perpisahan secara formal ketika seseorang akan keluar dari suatu organisasi atau perusahaan. Offboarding dilaksanakan saat karyawan sudah mengajukan resign, PHK, atau bahkan pensiun.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa harus mengeluarkan uang untuk orang-orang yang akan meninggalkan perusahaan?

Apalagi jika anggaran ketat, mengapa harus ada offboarding? Kenyataannya, offboarding kits adalah cara yang berkesan untuk berterimakasih kepada karyawan yang sudah bekerja selama ini.

Inspirasi Offboarding Kits yang Berkesan

Satu hal yang penting bagi keberlanjutan perusahaan apapun adalah kebahagiaan timnya. Bagaimana perasaan karyawan saat masuk, itu sama pentingnya dengan bagaimana perasaan mereka saat keluar.

Anda bisa buktikan sendiri bahwa cara Anda memperlakukan karyawan saat keluar, itu bisa membuat perbedaan signifikan. Bukan hanya membuat karyawan tersebut merasa diapresiasi atas kerja keras mereka, tetapi juga menunjukkan kepada tim yang masih bersama Anda saat ini. Bahwa bisnis Anda memperlakukan orang lain dengan baik, bahkan ketika mereka tidak bekerja untuk Anda lagi.

Apa yang Bisa Diberikan Saat Karyawan Resign?

Selain perpisahan secara seremonial, berikan sesuatu secara simbolis. Pilih barang-barang yang tidak selalu digunakan setiap hari, tapi ketika mereka memakainya, maka mereka bisa mengingat momen ketika mereka bersama perusahaan. Jangan lupa beri tambahan pesan terima kasih, misalnya dengan kartu yang ditandatangani oleh tim. Adanya logo perusahaan dalam suatu produk akan memberi nilai lebih, khususnya jika karyawan sudah pindah. Brand Anda bisa secara tidak langsung dikenal lebih luas.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda, khususnya tim yang bekerja. Bahkan saat mereka sudah keluar, sempatkan memberikan offboarding kits yang terbaik.

Apa yang seharusnya Anda berikan kepada karyawan? Jangan khawatir, percayakan hal itu kepada Yippy. Kami telah membantu banyak perusahaan seperti Anda mengirimkan ribuan gift untuk karyawan, pelanggan, atau partner.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us