Setiap perusahaan pasti memiliki alat pemasaran (marketing tools) agar berbagai aktivitas pemasaran berjalan secara efektif. Apalagi perusahaan yang memiliki karyawan lintas generasi. Mereka dapat memanfaatkan berbagai berbagai alat pemasaran yang terbukti berhasil untuk mengkomunikasikan pesan, memfasilitasi kolaborasi, dan menjaga keterlibatan para karyawan.
Salah satu hal yang bisa menjadi alat pemasaran adalah corporate gifting. Tentu saja cara ini bukan hal baru, tapi kamu tetap bisa melakukan dengan praktik terbaik sesuai kebutuhan di bisnismu. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh cara mengubah corporate gifting menjadi alat pemasaran yang kuat dan berhasil dalam jangka panjang. Apa saja yang bisa dilakukan?
- Tentukan Tujuan dari Corporate Gifting
- Kenali Target Audiens
- Pilih Hadiah yang Berkesan
- Sesuaikan dengan Musim dan Acara
- Personalisasi Hadiah
- Sematkan Pesan yang Tepat
- Pakai Kemasan yang Kreatif dan Menarik
- Dapatkan Respon dari Penerima
- Lakukan Tindak Lanjut (Follow Up)
- Evaluasi Keberhasilan Strategi Corporate Gifting
Tentukan Tujuan dari Corporate Gifting
Seperti apa cara terbaik untuk mengubah corporate gifting menjadi alat pemasaran yang kuat dan berkelanjutan? Pertama-tama, tentu harus menentukan tujuan utama dari program corporate gifting tersebut. Apakah benar tujuannya adalah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan lama, untuk menarik pelanggan baru, atau untuk mengapresiasi mitra bisnis? Adanya tujuan spesifik akan membantu untuk mengembangkan strategi yang sesuai.
Kenali Target Audiens
Setelah menentukan tujuan, lakukan identifikasi tentang siapa yang menjadi penerima hadiah. Misalnya karyawan, pelanggan, mitra bisnis, atau pihak lain yang telah dipertimbangkan? Kenali preferensi dan kebutuhan mereka agar hadiah yang diberikan relevan dan berguna untuk mereka yang menerima.
Pilih Hadiah yang Berkesan
Agar corporate gifting berhasil menjadi alat pemasaran, jangan lupa untuk memilih hadiah yang spesial. Khususnya yang sesuai dengan nilai perusahaan dan tentu bermanfaat untuk penerima. Pertimbangkan kualitas produk, nilai guna, dan pengalaman yang akan memberi kesan positif untuk waktu yang lama. Ketika penerima sudah mendapatkan kesan, maka mereka akan lebih mudah meneruskan pesan-pesan baik yang berkaitan dengan pemberi hadiah.
Sesuaikan dengan Musim dan Acara
Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan waktu atau momen yang tepat untuk memberikan hadiah. Mengirim hadiah pada momen khusus seperti hari raya, perayaan ulang tahun, atau perayaan atas pencapaian penting akan menambah kesan yang lebih berarti.
Personalisasi Hadiah
Usahakan memberi hadiah dengan personalisasi atau sentuhan pribadi. Bagaimana caranya? Perusahaan sebagai pemberi hadiah dapat menyisipkan identitas atau keunikan yang dimiliki penerima. Selain memberi nama penerima, bisa juga menambah elemen yang relevan dengan profesi penerima. Personalisasi hadiah corporate gifting akan meningkatkan nilai hadiah dan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepedulian pada orang-orang yang telah mendukungnya.
Sematkan Pesan yang Tepat
Personalisasi bukan hanya tentang identitas atau tanda yang sesuai dengan penerima, tapi juga pesan positif yang disertakan dengan hadiah. Isi pesannya bisa dapat berupa kata-kata ucapan terima kasih, apresiasi, atau harapan. Pesannya harus sejalan dengan tujuan strategi pemasaran yang dilakukan. Dalam hal ini, penulisan pesannya bisa dipercayakan kepada penulis konten kreatif yang ada di perusahaan.
Pakai Kemasan yang Kreatif dan Menarik
Selain fokus ke isinya, bagian kemasan pun harus dibuat kreatif dan menarik. Kemas hadiah untuk partner bisnis dengan rapi dan terkesan profesional. Kemasan yang menarik akan meningkatkan antusiasme penerima dan meningkatkan reputasi pemberi hadiah.
Dapatkan Respon dari Penerima
Dalam banyak kesempatan, penerima hadiah berada pada lokasi yang jauh sehingga hadiah harus dikirim melalui ekspedisi. Ketika hadiah sudah dikirimkan, idealnya pemberi maupun penerima dapat memantau progres pengiriman hadiah. Yippy sebagai platform corporate gifting menyediakan dasbor yang dapat kamu gunakan untuk melacak pengumpulan alamat, produksi hadiah, pengiriman, dan melihat salam penerima.
Setelah itu, saatnya menerima respons atau testimoni penerima. Poin ini dapat memberikan masukan tentang efektivitas strategi marketing melalui corporate gifting. Apabila memungkinkan, mintalah umpan balik yang jujur dari penerima.
Lakukan Tindak Lanjut (Follow Up)
Sesudah memberikan hadiah sebagai strategi marketing yang kuat, saatnya memanfaatkan kesempatan untuk menjalin hubungan yang lebih lanjut. Lakukan tindakan lanjutan seperti undangan untuk sebuah acara khusus atau memberi penawaran eksklusif yang berlaku dalam waktu terbatas.
Evaluasi Keberhasilan Strategi Corporate Gifting
Cara berikutnya adalah menetapkan metrik yang terukur untuk mengevaluasi keberhasilan strategi corporate gifting. Hal ini dapat berupa peningkatan retensi pelanggan, pertumbuhan penjualan, atau tingkat keterlibatan pelanggan.
Dengan mempertimbangkan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembangkan strategi pemberian hadiah korporat yang tidak hanya membangun hubungan dengan penerima, tetapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif dalam memperluas dampak dan citra positif perusahaan Anda.