Budaya Perusahaan

5 Cara Menciptakan Budaya Perusahaan dan Manfaatnya

Budaya perusahaan atau company culture berkaitan dengan kualitas yang membedakan mereka dari perusahaan lain. Mulai dari fungsi karyawan di tempat kerja atau cara publik memandang perusahaan.

Ini merupakan dua komponen kunci dari company culture. Apabila Anda sedang mencari pekerjaan baru, penting sekali menemukan tempat kerja yang sesuai nilai-nilai. Hal ini agar lebih produktif dan puas terhadap pekerjaan yang dijalani. 

Pengertian dari Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan seperangkat nilai, kepercayaan, serta sikap yang menjadi ciri khas dari perusahaan untuk diikuti oleh karyawan. Pada intinya, budaya ini menjadi kerangka berpikir bersama untuk memahami dunia bisnis.

Company culture ini akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Diantaranya seperti visi, nilai perusahaan, praktik, tempat kerja, sumber daya manusia, serta narasi perusahaan.

Budaya efektif tentu bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya. Dengan begitu, company culture akan berhasil mensejahterakan para karyawannya.

Sinergi serta kerjasama dalam tim internal dan tim operasional juga bisa terwujud dengan adanya company culture bagus. 

Bahkan, minat dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan bisa ditingkatkan dengan adanya company culture positif. Hal tersebut juga akan membantu dalam mempertahankan staf saat ini dan merekrut talent yang baru.

Cara Menciptakan Budaya Perusahaan Positif 

Mengembangkan lingkungan kerja produktif dan sehat bisa tercapai dengan beberapa cara. Berikut ini penjelasan beberapa langkah untuk menciptakan budaya perusahaan positif, antara lain:

1. Tetapkan Nilai Perusahaan Dari Awal

Cara menciptakan company culture yang kuat dapat dilakukan dengan manajemen yang perlu menetapkan satu nilai inti. Apabila Anda baru memulai bisnis, maka hal ini sangat penting.

Hal ini berguna untuk bisa memastikan bahwa perusahaan dan karyawannya dengan membuat kemajuan. Tentu, agar mencapai tujuan bersama terhadap nilai atau value yang perlu ditentukan sesegera mungkin.

Adapun beberapa contoh prinsip yang bisa berkontribusi pada company culture sehat, yaitu keragaman, kreativitas, kolaborasi, ketangkasan, fokus terhadap pelanggan, integritas, serta penghargaan pada karyawan.

2. Merekrut Individu Kompeten

HR perusahaan perlu sekali memilih orang yang tepat. HR bertugas penting untuk menemukan serta mempekerjakan karyawan yang cocok untuk tim maupun perusahaan.

Oleh karena itu, pada saat melakukan pencarian karyawan baru, fokuslah terhadap orang-orang yang tidak hanya memiliki bakat yang diperlukan. Namun, juga memiliki nilai sama dengan organisasi yang Anda miliki.

Namun, perlu sekali Anda ingat bahwa untuk bisa menumbuhkan company culture kuat merupakan tanggung jawab semua orang, tidak hanya HR saja.

3. Menginspirasi Optimisme di Tempat Kerja

Setiap hari, manajemen harus bisa menghargai seluruh tindakan produktif di tempat kerja. Ini merupakan langkah pertama untuk dapat menciptakan budaya perusahaan positif.

Bersikap ramah seperti tersenyum atau mengungkapkan rasa terima kasih, sampai lebih kompleks menggunakan komunikasi positif. 

Hal ini sebagai dasar untuk bisa menciptakan hubungan antar karyawan, sehingga dapat membantu mendorong tempat kerja lebih produktif.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi sosok bos yang menghargai pendapat merupakan langkah tepat untuk bisa mendorong lingkungan kerja produktif. Izinkan karyawan untuk dapat memberikan umpan balik serta saran. 

Lalu ambil kritik sebagai panggilan untuk refleksi dan pengembangan diri. Kemudian, berikan motivasi pada staf Anda untuk bisa mengambil risiko dan tawarkan perspektif serta ide baru pada tim. 

Selain dapat membuat mereka merasa dihargai, tentu cara ini nantinya juga secara tidak langsung mendorong pertumbuhan, baik itu perusahaan maupun tenaga kerjanya.

budaya perusahaan

5. Tingkatkan Kesadaran Tim

Perusahaan yang ingin sekali menumbuhkan lingkungan kerja positif harus bisa menekankan kepada karyawannya bahwa semua merupakan anggota tim yang sama. Dengan begitu, setiap orang nantinya akan merasa berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan dengan cara positif.

Baca juga: Saatnya Bangun Company Culture Melalui Gifting!

Manfaat Budaya Perusahaan yang Positif

Penerapan budaya perusahaan kuat dan sesuai dengan visi perusahaan bisa memberikan sejumlah manfaat yang signifikan untuk karyawan. Berikut ini penjelasan terkait lima manfaat utama dari implementasi budaya perusahaan yang sesuai dan efektif, antara lain:

1. Merekrut dan mempertahankan Talenta Terbaik Industri

Perusahaan dengan budaya kuat tentu akan memiliki daya tarik lebih besar bagi calon karyawan berbakat. Di mana karyawan akan tertarik untuk bergabung dengan organisasi yang memiliki nilai-nilai sejalan dengan nilai mereka sendiri. 

Selain itu, budaya positif juga nantinya akan membantu mempertahankan bakat yang ada. Bahkan, juga mengurangi tingkat pergantian karyawan.

Contohnya saja, Airbnb mempunyai budaya kerja yang menciptakan rasa kepemilikan bagi karyawan. Perusahaan ini menawarkan paket gaji kompetitif dan berbagai macam fasilitas.

Misalnya seperti liburan tahunan ke luar negeri untuk seluruh karyawan dengan alokasi budget $2000 selama satu tahun. Hal tersebut telah membantu mereka dalam merekrut serta mempertahankan bakat terbaik di industri perhotelan.

2.   Peningkatan Produktivitas Karyawan

Budaya perusahaan lebih jelas dan positif juga akan meningkatkan produktivitas karyawan. Saat karyawan merasa terhubung dengan nilai-nilai serta tujuan perusahaan, tentu akan lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik dalam pekerjaannya. 

Budaya akan mendukung kolaborasi dan inovasi yang dapat merangsang ide-ide baru serta pemecahan masalah jauh lebih baik.

Misalnya, perusahaan teknologi terkemuka, Google, telah dikenal memiliki budaya kerjanya lebih inovatif dan kolaboratif. Perusahaan tersebut memberikan alokasi waktu karyawan untuk bisa mengerjakan atau mencari tahu hal-hal yang dapat menginspirasi mereka.

Bahkan, juga dikenal sebagai “20% time.” Manfaatnya, produk-produk seperti Gmail dan Google News telah lahir dari adanya inisiatif karyawan.

3.   Kerjasama Efektif

Budaya perusahaan juga akan menciptakan kesatuan di antara anggota organisasi. Karyawan nantinya akan merasa sebagai bagian dari entitas lebih besar.

Selain itu, akan membantu membangun identitas perusahaan lebih solid. Identitas kuat ini bisa membantu perusahaan dalam branding serta menjaga citra lebih positif di mata publik.

Contohnya, Coca-Cola telah berhasil membangun identitas perusahaan kuat dengan budaya yang mendukung keragaman serta inklusi. 

Mereka juga merayakan keberagaman karyawan melalui berbagai macam program dan acara. Tujuannya untuk menciptakan rasa kesatuan di antara tim global mereka.

4.   Peningkatan Kepuasan Customer

Budaya perusahaan yang positif akan lebih fokus pada peningkatan pelayanan pelanggan serta kualitas produk atau layanan untuk memberikan manfaat langsung terhadap pelanggan. Karyawan yang merasa telah didukung dalam memberikan layanan terbaik akan cenderung memberikan pengalaman jauh lebih baik kepada pelanggan. 

company culture

Bangun Company Culture dengan Corporate Gifting

Agar program company culture anda lebih berkesan, Anda nantinya bisa memperluas pengalaman pemberian hadiah kepada rekan kerja, karyawan, partner bisnis, klien, vendor, customer, atau siapa saja yang membantu kegiatan bisnis Anda dalam meningkatkan keterlibatan dan kolaborasi.

Untuk urusan corporate gifting percayakan kepada Yippy. Kami akan selalu memberi solusi hadiah, baik itu dalam hal pemilihan produk, packaging, pengiriman, sampai memastikan hadiah sampai kepada penerima. Lihat katalog Yippy, ada banyak sekali pilihan produk paling update dengan harga terbaik dan pengiriman aman. Cocok sekali untuk Anda yang sedang  mencari corporate gifting sebagai bentuk budaya perusahaan positif.

Posts created 113

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us