Apa Arti Hari Valentine? Simak Penjelasannya

Perayaan Hari Valentine atau Valentine’s Day jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahun. Pada hari Valentine ini, banyak pasangan yang merayakan dengan memberikan hadiah yang romantis. Umumnya orang-orang akan memberikan hadiah, mengirimkan kartu ucapan, atau quality time saat hari valentine.

Bahkan di momen valentine juga ada banyak event menarik dan promo diskon belanja yang sayang dilewatkan. Buat yang akan merayakan Valentine’s Day, pastinya sudah tidak sabar untuk mencari hadiah yang paling cocok. Tapi, sebelumnya tahukah Anda apa arti hari Valentine yang sampai sekarang dikenal sebagai hari kasih sayang? Langsung saja yuk disimak penjelasannya pada artikel ini.

Apa Arti Hari Valentine?

Valentine menjadi momen berkesan buat yang merayakannya. Bukan cuma bersama pasangan, sebenarnya hari kasih sayang juga dapat diekspresikan kepada siapapun, seperti orangtua atau sahabat. Biar semakin paham, simak ulasan berikut tentang apa arti valentine dan sejarahnya.

Sejarah Menurut Festival Lupercalia

Sejarah hari Valentine menurut Festival Lupercalia, disebutkan bahwa perayaan Valentine asalnya adalah dari suatu festival. Festival Lupercalia menjadi sebuah tradisi milik bangsa Romawi kuno yang dikaitkan dengan hal-hal yang intim dan romatis.

Hal itu dicatat oleh J.A North melalui The Journal of Romance Volume 98 (2008). Lupercalia juga termasuk tradisi dari nenek moyang Romawi kuno yang dulunya tidak bermoral tapi pada suatu momen tradisi tersebut diubah jadi lebih baik. Festival Lipercalia yang dirayakan tanggal 15 Februari dipandang sebagai tradisi penghormatan Dewa Kesuburan, sedangkan perayaan hari Valentine adalah sehari sebelumnya, yaitu 14 Februari.

Versi St. Valentine dan Claudius II

Sejarah hari Valentine berikutnya adalah versi St. Valentine dan Claudius II. Dikisahkan seorang pendeta Valentine dari Roma yang tragis. Valentine dihukum pancung lantaran melawan kebijakan Kaisar Claudius II. Peristiwa tersebut konon terjadi tanggal 14 Februari 278 M.

Berdasarkan sejarah, Claudius II memang terkenal kejam dan tidak senang melihat tentaranya yang terikat pada pasangan mereka sehingga sulit pergi berperang. Alasan Claudius II menghukum Valentine adalah karena pendeta Valentine menentang aturan kaisar. Bahkan, pendeta Valentine menikahkan pasangan muda secara sembunyi-sembunyi.

Kisah legenda ini lebih banyak dipercaya bahwa pendeta Valentine juga meninggalkan sebuah catatan perpisahan buat putri penjaga penjara yang sekaligus menjadi teman dekatnya. Catatan tersebut bertuliskan ‘From Your Valentine’. Momen tersebut dirasa sangat menyentuh hati banyak orang. Setelah Valentine tiada, makai a pun dinobatkan menjadi orang suci dan disebut St. Valentine.

Valentine Menjadi Momen Kasih Sayang yang Abadi

Simbol terkenal di hari Valentine berupa kartu ucapan ternyata juga cukup menarik untuk disimak. Kartu Valentine awalnya berasal dari sosok Duke Charles of Orleans yang menulis kartu Valentine tertua. Setelah ditangkap tahun 1415, Duke Charles of Orleans masuk penjara di Tower of London Charles dan menulis selembar surat cinta kepada istrinya. Surat tersebut kini masih tersimpan di perpustakaan British Library.

Asal-usul Valentine dirayakan dengan coklat pertama kali dilakukan di abad 17 oleh masyarakat Amerika Tengah dan Eropa. Coklat yang manis sejak saat itu dinilai cocok sebagai tanda ungkapan kasih sayang yang abadi.

Sebenarnya tidak masalah tentang asal usul Valentine’s Day yang benar dan seperti apa kartu atau surat yang dituliskan untuk pasangan. Kisah yang terjadi di masa lalu bisa mejadi inspirasi bagi kita untuk berbagi kasih sayang dengan hati yang tulus. Banyak cara bisa Anda lakukan di momen Valentine, misalnya memberi hadiah coklat, boneka, atau hadiah apa saja yang disukai si dia.

Sekarang Anda sudah lebih mengerti apa arti hari valentine. Jadi, apa rencana Anda di hari valentine tahun ini? Sudah siap kado belum? Apapun pilihan kado atau hadiahnya, pastinya Anda bisa memberikan dengan cara yang spesial dan memorable, tanpa harus ribet prosesnya. Solusi untuk berbagai kebutuhan hadiah atau gifting bisa Anda temukan di Yippy.

Yippy adalah sebuah platform corporate gifting all-in-one yang dapat mengotomasi dan personalisasi kebutuhan gifting perusahaan Anda. Banyak pilihan katalog Yippy yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan selera si penerima hadiah. Segera temukan hadiah yang paling berkesan dan pastinya cocok buat penerima.

Posts created 70

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us