5 Contoh Desain Baju Partai dan Tips Membuatnya

Musim kampanye sangat identik dengan baju partai. Karena baju partai merupakan salah satu atribut yang penting dalam kegiatan kampanye politik. Baju partai biasanya digunakan oleh pendukung partai politik untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap partai tersebut maupun tokoh politik yang diusungnya.

Seragam partai sudah jadi media kampanye yang sangat efektif untuk menyebarkan pesan politik kepada masyarakat. Karena bisa menyasar ke berbagai kalangan tanpa memandang status sosial. Bahkan desain baju partai bisa dibuat sesuai dengan karakter partai dan tipe masyarakat yang ditargetkan.

Tapi tak jarang dari baju partai malah bisa menjadikan citra negatif untuk partai itu sendiri. Hal ini biasanya disebabkan karena desain yang dibuat kurang menarik sehingga dianggap biasa oleh masyarakat.

Tips Membuat Desain Baju Partai yang Menarik Simpatisan

Bikin baju partai itu murah, tetapi jangan sampai ketika membuat baju partai tidak memperhatikan desain dan modelnya. Ada beberapa tips membuat desain baju partai yang bisa dijadikan referensi, diantaranya :

1. Tentukan siapa pemakainya

Langkah pertama dalam membuat desain baju partai yang menarik adalah menentukan siapa yang akan memakai baju tersebut. Ini akan membantu Anda menentukan gaya, warna, dan font yang sesuai.

Misalnya, jika baju partai tersebut akan dipakai oleh para caleg, maka desainnya haruslah yang menarik dan mudah diingat. Anda dapat menggunakan gambar atau logo partai yang menarik, atau menggunakan warna-warna yang berani dan mencolok.

Jika baju partai tersebut akan dipakai oleh para pendukung partai, maka desainnya dapat lebih sederhana dan santai. Anda dapat menggunakan gambar atau logo partai yang lebih kecil, atau menggunakan warna-warna yang lebih lembut.

Selain itu tentukan juga fungsinya. Misalnya mau digunakan untuk para anggota partai di acara-acara formal khusus internal maupun eksternal partai, maka akan lebih cocok kalau buat model kemeja.

Atau kalau fungsinya mau digunakan di acara kampanye luar ruangan, maka akan lebih cocok membuat kaos partai.

2. Pilih warna dan font yang sesuai

Warna dan font adalah elemen penting dalam desain baju partai. Warna dapat menarik perhatian dan menyampaikan pesan tertentu, sedangkan font dapat membuat desain terlihat lebih menarik dan mudah dibaca.

Saat memilih warna, Anda perlu mempertimbangkan audiens yang akan memakai baju tersebut. Misalnya, jika baju partai tersebut akan dipakai oleh para caleg, maka Anda perlu memilih warna-warna yang sesuai dengan citra partai tersebut.

Jika baju partai tersebut akan dipakai oleh para pendukung partai, maka Anda dapat memilih warna-warna yang lebih populer dan disukai oleh masyarakat umum. Tetapi tetap menggunakan warna identitas dari partai tersebut.

Begitu juga dengan pemilihan font, yang harus dipertimbangkan adalah jenis dan ukuran font. Font yang terlalu kecil akan sulit dibaca, sedangkan font yang terlalu besar akan membuat desain terlihat berlebihan.

Memilih font juga harus disesuaikan dengan target audience. Misalnya targetnya anak muda, bisa memiliki font yang bersifat modern dan dinamis. Tetapi jika akan digunakan untuk keperluan internal partai, maka font cukup yang minimalis. Atau bisa juga disesuaikan dengan citra dan karakter partai tersebut.

3. Gunakan elemen visual yang menarik

Elemen visual dapat membuat desain baju partai terlihat lebih menarik perhatian. Namun, Anda perlu berhati-hati agar elemen visual tersebut tidak berlebihan.

Jika elemen visual terlalu berlebihan, maka desain baju tersebut akan terlihat terlalu ramai dan tidak enak dipandang. Yang ada malah akan bisa menurunkan citra partai.

Anda dapat menggunakan gambar, logo, atau ilustrasi sebagai elemen visual. Namun, Anda perlu memastikan bahwa elemen visual tersebut sesuai dengan tema desain dan tidak mengganggu pesan yang ingin disampaikan.

Misalnya saja penempatan logo partai, tidak selamanya harus menempatkan logo partai secara penuh. Bisa saja Anda mengambil bagian elemen dari logo untuk dijadikan desain yang paling menonjol di baju partai yang dibuat.

4. Perhatikan komposisi desain

Komposisi desain adalah cara Anda mengatur elemen-elemen dalam desain. Komposisi yang seimbang akan membuat desain terlihat rapi dan enak dipandang.

Saat menyusun komposisi desain, Anda perlu mempertimbangkan ukuran, posisi, dan warna dari masing-masing elemen. Anda juga perlu mempertimbangkan ruang kosong dalam desain agar tidak terlihat terlalu padat.

5. Perhatikan bahan yang digunakan

Baju partai selain harus nyaman dilihat, juga harus nyaman ketiga digunakan. Pemilihan bahan harus disesuaikan dengan model atau gaya baju yang akan dibuat. Kalau memang tujuannya untuk kampanye di luar ruangan dan digunakan untuk para simpatisan, maka akan lebih cocok menggunakan kaos partai.

Untuk kaos, pilih bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak panas saat digunakan di luar ruangan. Contohnya saja bahan Cotton atau Cotton Bamboo.

Atau misalnya saja mau digunakan untuk acara kampanye dengan target audience anak muda milenial dan digunakan oleh para caleg atau anggota partai, maka bisa memilih model jaket bomber dengan desain bordir yang kekinian. Atau kalau mau digunakan untuk kegiatan lapangan bisa pakai model rompi / vest.

Contoh Desain Baju Partai

Berikut ini beberapa contoh dengan baju partai yang bisa dijadikan referensi.

1. Kaos Partai Bahan Bamboo Cotton 24s

Salah satu seragam partai yang wajib dimiliki adalah kaos partai. Dengan berbahan Bamboo Cotton akan lebih cepat menyerap keringat. Karena bahan ini lebih memiliki daya serap keringat yang tinggi dibanding katun biasa.

Link Produk : https://yippy.id/en/katalog/produk/tshirt-bamboo-cotton-24s-liberty-society-1652

2. Kaos Partai Bahan TC

Jika ingin membuat kaos partai skala besar untuk para simpatisan, bisa pakai kaos dengan bahan TC (Teteron Cotton). Dari segi harga, bahan TC jauh lebih terjangkau. Sehingga ini akan lebih menghemat budget kampanye.

Link Produk : https://yippy.id/en/katalog/produk/tshirt-tc-1009

3. Jaket Rompi Vest Bordir

Cocok digunakan untuk kegiatan di lapangan atau luar ruangan. Dengan baju rompi seperti ini yang dipadu dengan bordir logo maupun elemen visual lainnya akan tetap memberikan kesan yang santai tetapi tetap formal.

Link Produk : https://yippy.id/en/katalog/produk/vest-ripstop-bordir-1427

4. Kemeja Full Print

Jika ingin pakai kemeja tetapi tetap terlihat modern dan kekinian, bisa buat seperti ini. Desainnya bisa foto caleg berupa karikatur atau ilustrasi agar terlihat tidak berlebihan.

Link Produk : https://yippy.id/en/katalog/produk/shirt-cotton-full-print-1473

5. Baju Partai untuk SPG

Jika ada event partai, sangat cocok jika menggunakan jasa SPG untuk lebih menarik perhatian para simpatisan. SPG Dress yang digunakan bisa di desain menarik agar bisa menjual citra partai tersebut.

Link produk : https://yippy.id/en/katalog/produk/spg-dress-1610

Dan masih banyak lagi produk atribut partai yang bisa dibuat. Selain kaos partai, bisa melengkapi atribut partai dengan beberapa produk seperti Headband, Jaket Bomber, Topi Snapback, dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa lihat beragam pilihan produk atribut partai di sini. Dapatkan juga layanan cetak logo gratis untuk setiap produknya.

Posts created 5

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us