budaya kerja

8 Tips Ciptakan Budaya Kerja Produktif dan Manfaatnya

Budaya kerja atau clan culture merupakan salah satu aspek yang harus Anda pahami sebelum akhirnya memulai karir di suatu perusahaan. Bekerja di perusahaan yang mempunyai clan culture sehat dan positif merupakan keinginan dari seluruh karyawan.

Hal ini karena, clan culture memiliki kaitan yang erat terhadap dampak produktivitas dari perusahaan. Meski begitu, clan culture muncul tidak dengan sendirinya. Namun, tercipta melalui adanya suatu proses yang dilakukan oleh sumber daya manusia.

Definisi dari Budaya Kerja Adalah

Budaya kerja merupakan suatu nilai atau norma yang dilakukan secara berulang dan terus menerus oleh pekerja yang dikembangkan suatu organisasi. Sehingga dapat tercerminkan dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, pendapat, serta tindakan yang terwujud sebagai pola kerja.

Hal ini tentunya juga sebagai kekuatan untuk  bisa meningkatkan efisiensi kerja. Menurut Sulaksono (2002), clan culture merupakan suatu sikap dan perilaku pegawai untuk melaksanakan tugas. 

Oleh karena itu, setiap proses atau fungsi kerja perlu sekali memiliki perbedaan dalam bekerja. Sebab, akan mengakibatkan munculnya keberagaman nilai yang sesuai untuk kerangka kerja organisasi.

Budaya kerja memang telah dikenal lama oleh masyarakat. Meski begitu, clan culture seringkali tidak individu sadari bisa berdampak pada keberhasilan kerja.

Hal ini tentunya karena memiliki kaitan dengan nilai dan perilaku yang menjadi kebiasan. Nilai tersebut bisa saja berasal dari adat, agama, norma, serta kaidah yang menjadi pedoman dari diri pekerja atau perusahaan.

Tips Menciptakan Budaya Kerja yang Produktif

Setelah getahui manfaat dari clan culture positif, berikut ini sudah ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan untuk membangun budaya kerja yang baik:

1. Komunikasikan Visi dan Misi

Langkah pertama yaitu memastikan semua anggota tim memahami visi serta misi perusahaan. Lalu komunikasikan dengan jelas dan berulang sehingga semua orang memiliki arah yang sama. Hal ini dilakukan agar merasa terhubung dengan tujuan perusahaan.

2. Prioritaskan Kondisi Kesehatan Mental Karyawan

Dalam membangun clan culture positif, tentu perusahaan harus bisa menjadikan kesejahteraan mental karyawan sebagai prioritas utama. Umumnya, karyawan sangat rentan dengan terkena stress saat berada di tempat kerja. 

Kondisi tersebut tentu saja akan menurunkan semangat dan produktivitas. Pemimpin perusahaan juga harus memiliki peran penting dalam memberikan contoh yang positif serta terbuka terhadap diskusi terkait kesehatan mental. 

Anda nantinya juga dapat menghadirkan berbagai macam program pelatihan terkait mental maupun konsultasi pada ahlinya secara gratis.

3. Melibatkan Karyawan dalam Pengambilan Keputusan

Perusahaan tersebut harus berbentuk organisasi. Hal ini artinya, terdapat perangkat-perangkat yang telah terlibat dalam memajukan bisnis.

Jadi tidak hanya pemimpin dan pemilik perusahaan. Namun, harus memberikan karyawan Anda kesempatan untuk bisa berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. 

Hal ini tentunya bisa menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab dari mereka, serta menghasilkan ide-ide segar.

4. Tanamkan Toleransi

Perbedaan pendapat serta pandangan merupakan hal wajar dalam suatu organisasi. Namun memang, kondisi tersebut sering kali menciptakan gesekan sampai tidak jarang berujung pada pertikaian.

Oleh karena itu, apabila ingin memiliki budaya kerja industri positif, tegaskan pada karyawan Anda aturan soal toleransi. Bahwa setiap orang dalam perusahaan sudah memiliki hak untuk mempunyai pendapat. 

5. Berikan Kesempatan untuk Meningkatkan Kemampuan

Perusahaan harus bisa mendorong karyawannya untuk dapat mengidentifikasi serta mengejar peluang pengembangan mereka. Caranya cukup dengan melakukan dialog terbuka antara manajemen serta karyawan.

Tujuannya untuk bisa merencanakan jalur pengembangan pribadi. Setelah itu, berikan pula akses ke sumber daya serta pelatihan yang relevan. Misalnya saja seperti mentoring serta dukungan keuangan untuk pengembangan mereka. 

Hal ini tidak hanya baik untuk karyawan, namun juga nantinya akan menciptakan inovasi demi kemajuan perusahaan. 

6. Perhatikan Work Life Balance Karyawan

Memang hal yang lumrah apabila perusahaan menuntut karyawan untuk dapat bekerja keras. Namun, itu bukan berarti melupakan hak mereka untuk bisa langsung hidup normal dengan waktu yang cukup di luar pekerjaan. 

Agar mendapatkan budaya kerja positif, maka bisa perhatikan keseimbangan hidup karyawan. Fasilitasi mereka dengan adanya kebijakan yang mendukung fleksibilitas, cuti yang adil, serta dukungan kesejahteraan karyawan.

7. Ciptakan Kolaborasi Tim Solid

Terdapat pengelompokan atau politik kantor bisa saja membuat lingkungan kerja menjadi tidak bersahabat. Oleh karena itu, doronglah kolaborasi dan kerjasama di antara tim dan departemen. 

Lanjut bisa hapus hambatan yang mungkin menghambat komunikasi lintas tim.

8. Berikan Pengakuan dan Apresiasi

Perusahaan bisa juga langsung menciptakan budaya kerja positif dengan merayakan pencapaian karyawan secara teratur. Baik itu, dalam bentuk penghargaan formal atau pengakuan sederhana. 

Misalnya saja seperti penghargaan tahunan, pengakuan publik di dalam atau luar rapat kerja, atau bahkan pujian langsung dari atasan.

Budaya kerja

Manfaat Budaya Kerja yang Positif 

Penerapan clan culture sehat sebenarnya tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi pekerja. Clan culture lebih baik juga nantinya akan membawa dampak positif signifikan terhadap produktivitas dan keberhasilan perusahaan.

Dengan begitu tidak dapat dimungkiri, clan culture sehat memiliki manfaat penting untuk kesejahteraan organisasi secara keseluruhan, baik itu bagi pemberi kerja maupun pekerjanya. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat clan culture lebih baik, antara lain:

1. Meningkatkan produktivitas

Pentingnya clan culture positif, salah satunya terlihat dari manfaat berupa peningkatan produktivitas. Saat pekerja merasa terlibat, dihargai, serta didukung, mereka cenderung bekerja lebih efisien.

2. Meningkatkan kinerja

Budaya kerja ini nantinya akan mendukung serta memotivasi pekerja bisa saja membantu mereka mencapai potensi terbaiknya. Hal tersebut tentunya dapat mendorong kinerja jauh lebih baik secara keseluruhan.

3. Meningkatkan kepuasan kerja

Dalam lingkungan baik, tentunya pekerja memiliki kecenderungan lebih puas dengan pekerjaan mereka. Hal tersebut bisa mempengaruhi tingkat komitmen dan motivasi mereka.

4. Meningkatkan kolaborasi tim

Clan culture sehat akan langsung mendorong serta meningkatkan efektivitas kolaborasi tim. Manfaat budaya kerja baik ini akan secara otomatis akan dapat membantu pencapaian tujuan bersama. Lalu untuk berkontribusi terhadap sinergi antar-tim.

Strategi Program Corporate Gifting Yippy

Pastikan perusahaan Anda selalu menerapkan pengakuan dan apresiasi yang menjadi bagian dari budaya sehari-hari perusahaan. Misalnya berterima kasih secara pribadi, memberikan umpan balik positif secara berkala, atau mengakui kontribusi karyawan dalam proyek atau pencapaian tertentu. 

Anda juga dapat menentukan sendiri tentang bagaimana upaya untuk mendukung budaya kerja yang lebih positif di tempat kerja. Apabila strategi program corporate gifting ini sudah pernah dilakukan sebelumnya, maka tidak ada salahnya untuk meminta feedback dari karyawan. Hal ini berkaitan tentang seberapa senang mereka dengan hadiah yang diberikan.

Hadiah dalam rangka corporate gifting ini bisa disesuaikan dengan branding perusahaan. Hal tersebut agar bisa menanamkan perasaan bangga pada karyawan maupun pihak luar. Lalu segera temukan solusi corporate gifting untuk tim Anda bersama Yippy. Lihat katalog Yippy, ada banyak sekali pilihan produk yang paling update dengan harga terbaik dan pengiriman aman untuk melengkapi gifthing budaya kerja.

Posts created 113

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us