Mengapa Program Employee of the Month itu Penting?

Istilah employee of the month pasti bukanlah hal yang asing lagi untuk didengar. Istilah employee of the month ini seringkali kita dengar saat berkunjung ke sebuah perusahaan, ke rumah makan cepat saji, ataupun saat berbelanja ke supermarket. Employee of the month merupakan sebuah reward yang diberikan oleh sebuah perusahaan untuk karyawan sebagai apresiasi karena memiliki kinerja terbaik pada bulan tersebut. Umumnya, perusahaan akan memajang foto pegawai yang bersangkutan di tempat umum, atau pegawai yang terpilih menggunakan aksesori yang berbeda dengan pegawai lainnya. Selain melalui publikasi, employee of the month juga umumnya mendapatkan sejumlah hadiah atau sertifikat. Walaupun terdengar biasa saja, adanya program employee of the month sangat penting karena akan membawa sejumlah manfaat, yaitu :

Adanya Persaingan yang Sehat

Adanya penghargaan untuk employee of the month akan membuat karyawan lebih bersemangat dan berusaha lebih maksimal untuk melakukan tugas yang diberikan dengan cara terbaik. Hal ini juga akan menyebabkan menularnya semangat antar karyawan sehingga akan tercipta persaingan yang sehat.

Meningkatkan Retensi dan Keterlibatan Karyawan

Adanya sebuah pengakuan sebagai employee of the month akan membantu mempertahankan karyawan, dimana karyawan akan merasa lebih bahagia dan tidak ingin meninggalkan tempat kerja karena adanya rasa dihargai oleh perusahaan. Hal ini akan diikuti dengan adanya keterlibatan karyawan yang aktif sehingga menimbulkan rasa memiliki. Karyawan dengan keterlibatan memiliki rasa kepemilikan atau belonging terhadap perusahaan, sehingga akan berupaya meningkatkan reputasi dan selalu antusias terhadap pekerjaannya.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Employee of the month dapat meningkatkan produktivitas karyawan dimana karyawan lebih bersemangat dalam bekerja, serta adanya rasa memiliki dengan perusahaan. Adanya apresiasi akan membuat karyawan merasa lebih dihargai dan menjadikannya lebih bahagia dalam bekerja. Karyawan yang bahagia akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dengan adanya peningkatan produktivitas kerja.

Employee of the month merupakan salah satu alternatif yang sangat baik untuk diterapkan sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan. Penghargaan ini harus dilakukan melalui proses yang jelas, transparan, dan objektif, sehingga penilaian tersebut dapat diberikan secara fair.

Posts created 39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us