5 Fungsi Buku Agenda Kerja, Cek Rekomendasinya!

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 atau tahun 1443H dalam kalender islam, sudah menjadi tradisi di masyarakat untuk saling berkirim bing hadiah lebaran yang berisikan makanan, minuman, kosmetik dan barang-barang lainnya yang telah dibungkus dengan indah. Tradisi inilah yang kita kenal sebagai ‘parcel atau hampers’. Hampers Idul Fitri diberikan sebagai bentuk ucapan dan penghormatan kepada mereka yang sedang merayakan hari raya Idul Fitri.

Mungkin bagi sebagian dari Anda, ada beberapa hal penting dalam pekerjaan yang harus diingat. Namun, karena kapasitas kemampuan mengingat kita terbatas, dan juga Anda harus mengerjakan kegiatan yang cukup padat, sehingga pilihan terbaik adalah dengan menuliskan catatan penting di agenda agar tidak lupa. Selain itu, buku agenda kantor juga bisa membantu saat anda membutuhkannya seperti misal saat sedang penjurnalan keuangan perusahaan.

Buku agenda kerja bukan sekedar hanya mencatat daftar aktivitas sehari-hari. Buku ini akan sangat berguna dalam hidup Anda, termasuk ketika membuat to-do list, agenda mingguan, dan laporan bulanan.

Meski kini sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan gadget untuk membantu aktivitas pekerjaannya, namun buku agenda tetap memiliki peranan vital terutama saat mencatat hal hal penting secara efektif dan efisien. Selain hanya digunakan sebagai buku catatan, masih banyak lagi fungsi buku agenda. Apa saja  manfaat menggunakan buku agenda perusahaan? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Manfaat Menggunakan Buku Agenda

1. Buku agenda untuk mencatat tugas sehari-hari

Seorang karyawan wajib memiliki to-do list atau tugas yang akan dikerjakan selama beberapa waktu kedepan untuk memberikan dampak pada kinerja dan produktivitas perusahaan. Sehingga penting bagi seorang karyawan untuk memiliki catatan kecil untuk membantu dia mengingat to-do list tersebut.

Untuk merealisasikannya, Anda bisa menggunakan buku agenda untuk mencatat jadwal atau tugas harian Anda selama berada di kantor. Dengan menuliskan setiap jadwal dan tugas, karyawan tentu akan bisa bekerja dengan lebih teroganisir karena mereka sudah tahu hal yang harus mereka kerjakan.

2. Catat ide-ide baru yang muncul

Kreativitas merupakan hal yang penting bagi karyawan sehingga brainstorming ide harus selalu dilakukan. Ide-ide baru yang inovatif biasanya akan muncul dimana saja dan kapan saja sehingga saat ide tersebut tiba-tiba muncul, Anda harus selalu siap mencatat ide-ide tersebut.

Jika karyawan sampai tidak mencatat ide baru tersebut, dia akan lupa begitu saja. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bawa buku agenda ini agar Anda dapat langsung menuliskan apabila menemukan ide-ide baru.

3. Alternatif Smartphone untuk Mencatat Berbagai Hal

Saat ini memang sudah banyak yang menggunakan smartphone untuk dengan fitur notes, namun jika kita terlalu sering menggunakan smartphone dan terlalu asik menatap layar maka akan membuat mata kita bosan dan cepat lelah, dan malah lupa untuk mencatat. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Oleh karena itulah menggunakan cara tradisional dengan buku agenda merupakan pilihan yang tepat agar anda tidak selalu melihat ke arah smartphone, buku tersebut bisa anda manfaatkan untuk mencatat berbagai hal yang diperlukan agar tidak lupa.

4. Catat informasi penting yang harus diingat

Seringkali seorang karyawan menerima informasi dadakan yang penting saat bekerja, misalnya instruksi pekerjaan dan informasi dari atasan. Informasi penting ini patut diingat meski terkadang kita sering lupa.

Anda bisa menggunakan buku agenda kerja untuk mencatat berbagai hal penting, dengan begitu informasi penting tersebut akan selalu teringat.

5. Membantu karyawan untuk lebih fokus

Melupakan suatu instruksi tentu dapat berdampak pada performa kerja karena kehilangan fokus. Meminta instruksi atasan secara berulang-ulang juga merupakan tanda bahwa karyawan kurang fokus dan profesional dalam bekerja.

Dengan demikian, menggunakan buku agenda saat bekerja bisa membantu Anda memahami instruksi dengan benar dan dapat bekerja dengan fokus, apalagi pekerjaan karyawan tidak hanya satu orang sehingga diperlukan catatan khusus mengenai pekerjaan dan kinerjanya.

Jenis Buku Agenda

Buku Agenda terbagi menjadi beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini:

1. Buku Agenda Tunggal

Buku agenda tunggal adalah jenis buku agenda yang berisi satu halaman per hari atau per minggu. Ini memungkinkan Anda untuk mencatat evaluasi, tugas, janji, dan acara penting dengan mudah. Buku agenda tunggal biasanya berukuran kecil sehingga fleksibel saat dibawa didalam tas atau saku.

Buku agenda jenis ini juga cocok untuk mencatat surat masuk dan keluar. Format buku agenda jenis ini biasanya terdiri dari nomor, tanggal penerimaan surat, nama instansi atau perusahaan atau organisasi pengirim, tanggal dan nomor surat, perihal, lampiran, tujuan penerusan, keterangan, dan juga kode arsip.

2. Buku Agenda Berpasangan

Buku agenda berpasangan terdiri dari buku agenda surat masuk dan buku agenda surat keluar yang tergabung jadi satu dengan kolom-kolomnya dibedakan atau dibuat terpisah. Penomoran pada buku agenda jenis ini juga dipisahkan. Format buku agenda jenis ini pada tabel surat masuk biasanya terdiri dari nomor, tanggal penerimaan surat, nama instansi atau perusahaan atau organisasi pengirim, tanggal dan nomor surat, subjek, lampiran, diteruskan ke, informasi, dan juga kode arsip.

Sedangkan format buku agenda jenis ini pada tabel surat keluar biasanya terdiri dari nomor, nomor surat, tanggal surat, nama instansi atau perusahaan atau organisasi pengirim, tujuan pengiriman surat, lampiran, dan keterangan.

3. Buku Agenda Kembar

Buku agenda kembar terdiri dari dua buku agenda yang terpisah namun saling berhubungan. Ini memungkinkan Anda memisahkan aktivitas atau catatan pribadi dari aktivitas atau catatan kerja, seperti contohnya buku agenda surat masuk berdiri secara terpisah dengan buku agenda surat keluar. Buku agenda kembar sangat ideal bagi mereka yang ingin memisahkan dan mengatur dua aspek keperluan mereka.

Memiliki buku agenda dengan desain custom dan unik bukan lagi sebatas impian, karena sekarang Anda juga bisa langsung memesan produk buku agenda cetak custom secara cepat dan murah di yippy.id yang melayani cetak logo gratis didalam buku agenda yang Anda inginkan.

Posts created 4

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us