5 Bahan Payung yang Bagus dan Tahan Lama Dan Tips Memilihnya

Sangat jarang ketika orang membeli payung memperhatikan bahan payung yang digunakannya. Padahal dengan mengetahui bahannya, akan lebih mudah ketika membeli yang sesuai. Karena payung tidak hanya digunakan ketika musim hujan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari.

Jadi dengan mengetahui bahan yang digunakan akan membuat kita jadi tahu kualitas dan ketahanannya. Payung yang bagus memiliki bahan bagus tentu akan lebih tahan lama dan mampu memberikan perlindungan yang optimal.

Ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat payung. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan bahan payung yang tepat akan menentukan kualitas dan daya tahan payung tersebut.

Jenis Bahan Payung yang Bagus dan Tahan Lama

Bahan payung yang bagus harus memiliki beberapa kriteria berikut ini:

  • Tahan air
  • Anti UV
  • Tahan angin
  • Nyaman digunakan

Berdasarkan kriteria tersebut, berikut ini adalah beberapa jenis bahan payung yang bagus dan mampu tahan lama:

1. Kain Polyester

Kain polyester adalah bahan payung yang memiliki kualitas paling baik, oleh karenanya bahan ini paling banyak digunakan. Bahan polyester memiliki keunggulan daya serap air yang rendah sehingga payung tidak mudah basah.

Kain polyester pertama kali dikembangkan pada tahun 1941. Kain ini terbuat dari serat sintetis yang memiliki daya serap air yang rendah. Hal ini membuat kain polyester tidak mudah basah dan mudah kering.

Proses pembuatan kain polyester dimulai dengan pemintalan serat sintetis menjadi benang. Benang-benang tersebut kemudian ditenun menjadi kain.

Kualitas bahannya juga kuat, tidak mudah robek ketika tertiup angin kencang. Sehingga membuatnya tahan lama untuk jangka panjang. Meskipun bahannya kuat, tetapi sifatnya lentur. Payung berbahan polyester akan tetap kokoh dan melindungi Anda dari hujan, bahkan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.

Karena daya serap airnya rendah, payung polyester juga mudah dicuci dan membuatnya lebih cepat kering. Payung berbahan polyester dapatkan dibersihkan dengan air sabun dan tidak akan merusak kualitas kainnya.

Kain polyester ini memiliki beberapa kualitas lagi. Ada premium polyester yang memiliki karakter lebih lentur. Sehingga memungkinkan untuk dibuat menjadi payung lipat berbentuk kapsul, salah satunya adalah Umbrella Capsule. Selain itu, payung polyester ini banyak digunakan untuk payung golf, contohnya adalah Umbrella Golf Premium Automatic Eva.

2. Kain Parasut Silver

Payung berbahan Parasut Silver juga banyak digunakan. Kain parasut silver pertama kali dikembangkan pada tahun 1960-an. Kain parasut silver terbuat dari bahan polyester yang dilapisi dengan bahan fluorocarbon. Lapisan fluorocarbon inilah yang memberikan sifat anti air dan anti UV pada kain parasut silver.

Kain parasut ini selain digunakan untuk bahan payung juga banyak digunakan untuk bahan jaket hujan dan cover mobil.

3. Kain Nilon

Kain nilon adalah kain sintetis yang terbuat dari poliamida. Poliamida adalah polimer yang terdiri dari unit monomer amida yang menjadikannya kuat dan tahan lama. Nilon adalah polimer pertama yang sukses secara komersial, dan merupakan serat sintetis pertama yang dibuat dari minyak bumi.

Kain nilon sering digunakan untuk membuat berbagai macam produk, termasuk payung, tenda, pakaian, dan karpet.

Karakteristik utama dari kain nilon adalah ringan tapi kuat, tahan lama, cepat kering, tahan terhadap air dan panas, tahan terhadap kutu, serangga, dan jamur.

4. Kain Pongee

Payung dengan bahan kain pongee memiliki sifat yang halus dan lembut. Kain pongee terbuat dari serat kapas yang diproses dengan teknik tertentu.

Kain pongee memiliki sifat yang tahan air dan tahan lama. Payung berbahan kain pongee dapat memberikan perlindungan yang nyaman dari hujan dan sinar matahari.

Kain ini pertama kali dikembangkan di Cina pada abad ke-17.

Proses pembuatan kain pongee dimulai dengan pemintalan serat kapas menjadi benang. Benang-benang tersebut kemudian ditenun menjadi kain dengan pola tertentu.

Dari sisi harga, payung berbahan pongee memiliki harga yang lebih tinggi, dibanding payung nilon maupun payung polyester.

Karakteristik khusus dari kain pongee adalah tahan air dan tahan lama, halus dan lembut, dan memiliki kilau yang khas.

Yippy memiliki produk payung berbahan pongee yang berbentuk pisang, contohnya Umbrella Banana.

5. Plastik PVC

Payung dengan bahan plastik PVC termasuk payung yang memiliki harga murah dan produksinya yang mudah. Plastik PVC terbuat dari bahan polivinil klorida yang memiliki sifat yang tahan air.

Payung berbahan plastik PVC dapat memberikan perlindungan yang cukup dari hujan. Namun, payung berbahan plastik PVC kurang tahan lama dan mudah rusak jika terkena angin kencang. Tetapi untuk perlindungan dari air hujan, payung ini memiliki ketahanan yang bagus. Sifat kedap airnya jadi keunggulan.

Hanya saja karena terbuat dari bahan plastik PVC, payung ini kurang cocok digunakan untuk berlindung dari sinar matahari. Karena jika terkena panas terlalu lama, bisa menyusut.

Biasanya bahan ini hanya digunakan untuk pembuatan payung transparan.

Itulah beberapa jenis payung yang memiliki daya tahan bagus dan kuat untuk menahan air hujan.

Tips Merawat Payung agar Awet

Meskipun payung yang Anda beli terbuat dari bahan terbaik, tetap saja harus diperhatikan cara perawatannya. Cara merawat yang benar tentu akan menambah keawetan payung tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat payung agar tetap awet dan tahan lama:

  • 1. Selalu keringkan payung setelah digunakan dan jangan dilipat ketika masih basah.
  • 2. Simpan payung di tempat yang kering dan tidak lembap.
  • 3. Hindari menyimpan payung di tempat yang panas.
  • 4. Jika payung terkena kotoran, bersihkan dengan kain lembut dan air sabun.

Dengan merawat payung dengan baik, Anda dapat menghemat pengeluaran Anda untuk membeli payung baru.

Tips Memilih Bahan Payung yang Berkualitas

Dalam memilih bahan payung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memilih bahan payung. Jika Anda membutuhkan payung yang tahan air dan tahan lama, pilihlah bahan payung yang memiliki sifat tersebut. Atau kalau Anda ingin membeli payung untuk melindungi dari sinar matahari, maka pilih payung yang dapat menangkal sinar UV dan memiliki warna yang tidak transparan.

Fleksibilitas

Apakah Anda mencari payung yang dapat dimasukkan ke dalam tas? Atau Anda hanya cari payung untuk persediaan di rumah Anda?

Kalau yang Anda cari yang bisa dimasukkan ke tas dan di simpan di area yang sempit, Anda bisa memilih payung lipat yang dapat dilipat menjadi 20 cm saja.

Harga

Bahan payung memiliki harga yang berbeda-beda. Pilihlah bahan payung yang sesuai dengan budget Anda. Jika mencari untuk kebutuhan souvenir, pastikan budget yang dimiliki sesuai dengan jumlah payung yang ingin dibeli.

Yippy memiliki beberapa pilihan souvenir payung yang bisa Anda pilih.

Posts created 8

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us