Kemasan Produk

4 Cara Memilih Kemasan Produk yang Menarik

Pada dasarnya, memilih kemasan produk yang tepat memang membingungkan dan cukup sulit. Padahal, kemasan bagus akan menjadi bagian terpenting dalam berbisnis sehingga harus diutamakan.

Kini, sudah ada banyak sekali jenis kemasan yang dapat digunakan dengan efektif. Sehingga packaging tersebut dapat menjadi salah satu sarana branding tepat. 

Untuk membantu Anda memahami lebih lanjut tentang pentingnya kemasan dalam meningkatkan brand, berikut aspek yang akan kita bahas dalam artikel ini :

Cara Memilih Kemasan Produk yang Menarik 

Secara umum, agar packaging di bisnis Anda mendukung aktivitas marketing, maka ada banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Berikut ini beberapa cara memilih kemasan produk atau packaging yang sesuai dengan bisnis Anda, antara lain:

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan pada saat memilih packaging yakni menyesuaikan ukuran produk. Biasanya, packaging tepat dan sesuai dengan ukuran produk, maka fungsi pertamanya akan terpenuhi dengan baik. 

Meski begitu, usahakan tetap ada ruang kosong terhadap packaging tersebut. Hal ini berguna untuk menghindari kerusakan pada kemasan akibat memasukkan produk terlalu padat.

Selain itu, dapat memasukkan produk dengan adanya sedikit ruang kosong. Hal ini akan membuat produk terlihat lebih banyak.

2. Pilih Jenis Kemasan Produk Sesuai Kebutuhan

Tentu saja, setiap packaging sudah memiliki jenisnya. Baik itu, mulai dari yang transparan, kertas, sampai plastik sehingga Anda harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila brand tersebut mengandung unsur cair maka gunakanlah packaging dengan penutup rapat. Misalnya saja seperti, brand minuman maka sebaiknya menggunakan botol sebagai kemasan. 

Tentunya, packaging tersebut lebih praktis sehingga menggunakan botol akan menambah nilai jual tersendiri.

3. Menentukan Material Tepat

Pemilihan material packaging juga akan menentukan pada kualitas produk yang nantinya dikemas. Misalnya, produk mudah rusak harus bisa menggunakan kemasan yang mempunyai material berstruktur dan kedap udara. 

Hal ini berarti, tipe packaging bisa mencegah terjadinya perubahan terhadap rasa serta aroma pada produk. Jadi, Anda harus tahu dan memilih dengan tepat jenis kemasan produk yang sesuai.

4. Memperhatikan Fitur yang Digunakan Kemasan

Ternyata, dalam memilih packaging juga harus bisa memperhatikan fitur yang digunakan. Alasannya karena biasanya setiap konsumen juga akan mempertimbangkan fitur di kemasan produk. 

Biasanya, packaging sudah mempunyai fitur vacuum, zipper serta valve.  Ketahuilah kemasan yang berfitur vacuum akan digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa produk.

Jadi lebih cocok untuk packaging makanan atau minuman. Kemasan Valve, sendiri merupakan kemasan tepat untuk bisa membungkus brand yang mengeluarkan gas.

Bahkan, packaging tersebut juga berperan dalam mengeluarkan gas dari dalam kemasan. Jadi jangan khawatir udara dari luar tidak bisa masuk ke dalam kemasan sehingga aman digunakan.

Sementara itu, packaging zipper ini termasuk ke dalam kemasan produk padat dan cair. Tujuannya untuk bisa melindungi dari sinar matahari dan oksigen karena terbuat dari alumunium foil.

Pentingnya Kemasan Produk yang Menarik 

Bagi yang memiliki brand, packaging merupakan salah satu hal penting harus Anda perhatikan. Sebab, sebagian orang jarang memperhatikan packaging brand mereka sendiri.

Padahal hal tersebut bisa membantu atau mempengaruhi peningkatan penjualan. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait pentingnya kemasan produk menarik dan berkualitas.

1. Melindungi Produk

Pertama, bisa melindungi brand dengan lebih baik dan aman. Packaging akan memberikan perlindungan dari barang tergores, basah serta cacat. 

2. Membangun Kepercayaan

Packaging baik nantinya bisa meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand sendiri. Apalagi jika konsumen tersebut benar-benar puas dengan packaging, Anda bisa langsung meminta feedback positif mereka. Tujuannya untuk testimoni calon konsumen baru.

3. Menambah Daya Tarik

Kemasan produk kreatif, menarik serta unik akan memungkinkan para konsumen share ke sosial media. Hal ini juga akan menjadi free promosi untuk brand Anda.

Usahakan mencari supplier packaging tepat untuk bisa membantu membuat packing bagus.

4. Memberikan Kepuasan

Konsumen nantinya akan bertambah puas saat brand yang dibeli dikemas dengan sebaik mungkin. Terutama, jika melebihi ekspektasi mereka. 

Hal ini juga akan memungkinkan mereka akan repeat order.

5. Menambah Keunikan

Pembuatan packaging kreatif dan unik, juga akan menjadikan salah satu strategi untuk brand Anda. Packaging ini bisa menjadi identitas brand, sebab packaging yang berbeda dengan lain, akan menjadikan konsumen mengingat brand Anda.

Packaging sangat penting ketika Anda sudah memulai sebuah bisnis atau brand. Jadi, buat Anda yang ingin memulai brand, bisa mulai siapkan desain packaging terbaik. 

Kemasan yang Recomended Digunakan

Melalui adanya berbagai panduan packaging di atas, Yippy akan memberikan beberapa rekomendasi jenis packaging yang umum dan sesuai brand Anda. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Standing Pouch

Standing pouch ini termasuk packaging yang sekarang banyak sekali dipilih oleh produsen untuk mengemas produknya. Pemakaian kemasan tersebut bisa Anda temukan pada berbagai bentuk brand baik padat maupun cair.

Contoh standing pouch sebagai kemasan produk padat untuk dapat mengemas bubuk kopi, biji kopi, kosmetik, serta makanan padat lain. 

Sedangkan, jenis standing pouch pada produk cair biasanya akan digunakan produsen untuk mengemas minyak goreng, sabun detergen, dan masih banyak lainnya.

Kemasan pouch ini memang memiliki banyak sekali kelebihan yang menguntungkan konsumen maupun produsen.

Pembeli akan diuntungkan karena pouch nantinya bisa menjaga isi produk. Efeknya, brand juga akan bertahan dalam jangka waktu panjang.

Sementara itu, keuntungan untuk produsen yakni bisa mengemas brand secara efektif dan menarik sehingga produknya tidak mudah rusak.

2. Box Makanan

Box Makanan termasuk ke dalam kemasan produk berbentuk kotak yang cocok sekali untuk bungkus makanan sesuai dengan namanya. Umumnya, box makanan ini digunakan untuk packaging martabak, roti bakar, dan jenis makanan lainnya.

Hanya dengan menggunakan box makanan, tentu Anda akan terbantu menjual brand dengan bentuk lebih sederhana dan praktis. Sementara itu di sisi lain, box makanan juga akan memudahkan pembeli untuk membawa produknya ke mana pun.

Saat ini sudah tersedia box makanan yang terbuat dari kertas maupun plastik. Jadi Anda akan dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

3. Pouch Paper

Anda juga bisa menggunakan kemasan produk pouch paper yang biasanya dilihat untuk membungkus kopi, teh, serta makanan kering lainnya. Biasanya, pouch paper ini dapat digunakan seller atau produsen.

Hal ini tentunya karena bentuk kemasan lebih menarik dan minimalis. Selain itu, pouch paper juga bisa melindungi brand dari paparan sinar matahari secara langsung. Sehingga, akan membuat produk aman dibawa ke mana pun dan tidak mudah rusak.

Bagi Anda yang ingin konsultasi untuk rencana gifting anda hingga memilih packaging terbaik, Yippy adalah tepat yang dapat memudahkan proses gifting anda. Yippy merupakan supplier souvenir promosi terbaik di Jakarta yang telah menyediakan berbagai item custom company merchandise unik dengan logo perusahaan. Kami menyediakan segala macam kebutuhan souvenir kantor baik untuk acara promosi, event souvenirs, meeting gift, ulang tahun, onboarding, seminar, dan lain-lain. Jadi tunggu apalagi segera hubungi Yippy untuk mendapatkan kemasan produk menarik.

Posts created 113

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top
× Contact Us